The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Oknum TNI AU Injak Kepala Warga Papua, DPR: Pecat!
Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha. (Instagram/syaifullah_tamliha)
News

Viral Oknum TNI AU Injak Kepala Warga Papua, DPR: Pecat!

Ditindak tegas.

Rabu, 28 Juli 2021 09:27 WIB 28 Juli 2021, 09:27 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha menyayangkan adanya tindakan kekerasan terhadap warga Papua yang dilakukan oleh dua oknum TNI Angkatan Udara (AU).

Dia mendorong agar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) melakukan penyelidikan hingga ke Pengadilan Militer dan jika bersalah dipecat dan diberikan hukuman yang sepadan.

"Jika benar oknum TNI Angkatan Udara yang menggunakan pakai Polisi Militer (PM) tersebut melakukan tindakan tersebut, sebaiknya KSAU segera memerintahkan Puspom AU untuk melakukan penyelidikan dan jika terbukti benar di Pengadilan Militer, sebaiknya dipecat dari TNI dan diberikan hukuman yang sepadan," kata Tamliha kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Diketahui sebuah video viral di media sosial menampilkan aksi anggota TNI AU yang menginjak kepala pria tunawicara di wilayah Merauke, Papua.

Menurut Tamliha, aksi yang dilakukan oleh dua oknum TNI AU ini tidak sesuai dengan Sapta Marga Prajurit. Ia mencontohkan tindakan yang dilakukan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral Andika Perkasa saat ada prajuritnya melanggar aturan dan melakukan kekerasan.

BACA JUGA: Kadispenau Tegaskan Tindak 2 Oknum TNI yang Injak Kepala Tunawicara di Papua

"Tindakan serupa juga telah dicontohkan oleh KASAD Jenderal TNI Andhika yang memecat dan menghukum oknum TNI AD yang menyerang Polsek Ciracas tahun lalu dan memberikan ganti rugi kepada para pedagang UMKM sepanjang 8 km yang diobok-obok oleh beberapa oknum TNI AD tersebut," jelas dia.

Sebelumnya, sebuah video berdurasi 1.20 menit beredar di media sosial yang merekam aksi dua personel TNI AU yang tengah mengamankan seorang pria di sebuah warung makan.

Ketika hendak diamankan, salah satu personel lantas menginjak kepala pria tersebut dengan menggunakan sepatu.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US