Rusia Akan Meluncurkan Kapal Selam Bertenaga Nuklir di Tengah Ketegangan dengan Barat

- Selasa, 4 Mei 2021 | 12:24 WIB
Kazan, kapal selam Rusia bertenaga nuklir (Mirror)
Kazan, kapal selam Rusia bertenaga nuklir (Mirror)

Rusia akan meluncurkan kapal selam bertenaga nuklir ultra-modern baru minggu ini karena negara itu melenturkan kekuatan militernya di tengah meningkatnya ketegangan dengan Barat.

Kapal selam yang diberi nama 'kazan' ini akan diresmikan pada hari Jumat menjelang parade militer besar-besaran yang menandai berakhirnya Perang Dunia Kedua di Eropa dua hari kemudian.

Hal ini terjadi setelah ketegangan mengancam akan memanas di Timur Ukraina dengan peningkatan militer Rusia di dekat perbatasannya.

Rusia mencaplok Krimea pada 2014 dan meskipun kesepakatan damai ditengahi pada tahun berikutnya, penembakan dan pertempuran kecil terus berlanjut.

Para pemimpin di seluruh Barat dan Ukraina menjadi khawatir tentang konsentrasi pasukan Rusia dan mendesak Moskow untuk menarik mereka kembali.

Dikutip dari Mirror, pengembangan Kazan telah diselimuti kerahasiaan dan pengirimannya berulang kali ditunda karena masalah yang tidak ditentukan.

Kazan diluncurkan empat tahun lalu dan telah menjalani uji coba laut sejak September 2018. Kapal Yasen-M dilengkapi dengan rudal jelajah Kalibr dan Oniks berkemampuan nuklir.

Kazan juga mampu membawa hingga 32 rudal jelajah Kalibr.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X