Kapolda Papua Pastikan Kabar yang Sebut Masyarakat Mengungsi dari Intan Jaya Hoaks

- Jumat, 19 Februari 2021 | 17:36 WIB
Foto yang menyebut masyarakat di Kabupaten Intan Jaya mengungsi. (photo/Istimewa)
Foto yang menyebut masyarakat di Kabupaten Intan Jaya mengungsi. (photo/Istimewa)

Sempat beredar kabar yang menyebut masyarakat beramai-ramai pergi dari Intan Jaya untuk menyelamatkan diri usai adanya baku tembak antara aparat keamanan dan KKB. Terkait hal itu, Kapolda Papua pastikan kabar tersebut tidak benar.

“Masyarakat hanya menghindar dan menyelamatkan diri pada saat ada terjadi kontak tembak antara aparat keamanan dan kelompok kriminal bersenjata, karena mereka tak ingin mati konyol,” tegas Kapolda Irjen Paulus Waterpauw, Jumat, 19 Februari 2021.

Menurutnya, masyarakat Kabupaten Intan Jaya hanya menyelamatkan diri ke gereja dan menggunakan saran pemerintah sebagai tempat berlindung.

“Ini bukan pengunsian tapi menghindar, kalau mengungsi kecuali dari sugapa ke Timika,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Waterpauw, kondisi di Intan Jaya saat ini dalam keadaan normal setelah sebelumnya terjadi baku tembak di daerah tersebut.

“Begitu dikatakan aman, mereka sudah kembali. Tergantung manusianya, namun ada juga yang punya trauma masih merasa ketakutan,” tuturnya.

Waterpauw menjelaskan, saat ini personel keamanan di Kabupaten Intan Jaya sudah lebih dari cukup. Para aparat keamanan bekerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas). 

Selain itu, kata dia, aparat gabungan TNI-Polri, sekarang ini sedang mencari pola-pola strategi dalam cara bertindak sesuai SOP.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X