Aparat Kepolisian Diminta Usut Penipu dan Calo Donor Plasma Konvalesen

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 08:59 WIB
Proses donor plasma darah. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Proses donor plasma darah. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Anggota Komisi IX DPR Saleh Daulay mengatakan, dirinya sangat mengharapkan aparat penegak hukum dalam membongkar modus calo dan penipuan terkait donor plasma konvalesen Covid-19 yang terjadi di segera ditangkap serta diungkap siapa saja pelaku yang bermian.

"Kalau menurut saya sebetulnya ya karena ini adalah modus yang sudah kelihatan jelas dan tentu aparat keamanan dalam hal ini kepolisisian diharapkan bisa mengungkap dan menangkap pelakunya," kata Saleh kepada wartawan, Sabtu (31/7/2021).

Menurut Saleh dengan adanya penangkapan dan pengungkapkan pelaku ini sangat penting segera dilakukan guna mencegah banyaknya keluarga pasien Covid-19 yang menjadi korban.

"Ini penting supaya kejadian serupa tidak terjadi lagi," jelas dia.

Lebih jauh, dia menekankan agar masyarakat yang sedang mencari pendonor plasma konvalesen ini janganlah untuk melakukan trasnfer sebelum bertemu dengan orangnya. Apalagi belum kenal dan tidak mengetahui seluk-beluk orang tersebut, apakah sudah pernah terkena Covid-19 ataupun belum.

Politisi PAN ini menyarankan masyarakat untuk mencari donor plasma di tempat resmi, semisal Palang Merah Indonesia (PMI).

"Ke PMI dulu, kalaupun ada donor yang mau donor mandiri, kita berharap ya tidak usah ada transfer dulu sebelum ketemu dengan orangnya, kemudian diperiksa betul tidak orang tersebut pernah kena Covid-19 dan sudab sembuh, kemudian yang kedua apakah darahnya sesuai dengan darah orang yang didonorkan," tegas Saleh.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X