Puan Minta Pemerintah Buat Kebijakan Berpihak Kepada Masyarakat

- Jumat, 16 Juli 2021 | 17:41 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani. (ANTARA/Reno Esnir).
Ketua DPR, Puan Maharani. (ANTARA/Reno Esnir).

Ketua DPR Puan Maharani mengapresiasi munculnya solidaritas di masa Pemberlakuan Pembatasan Kebijakan Masyarakat (PPKM) darurat. Adapun solidaritas masyarakat yang muncul seperti dapur umum hingga penggalangan dana yang menjadi solusi bagi penyediaan kebutuhan sarana-prasarana kesehatan atau mendukung tenaga kesehatan.

Hanya saja Puan berpesan, pemerintah mengimbangi solidaritas rakyat ini dengan kebijakan yang berpihak kepada keselamatan warga negaranya. Ia ingin PPKM Darurat harus benar-benar digunakan sebagai momentum mengerem laju kasus Covid-19 dan mencegah sebanyak mungkin kematian karena virus ini.

“Ini semangat yang harus diapresiasi dan dijaga. Pemerintah harus mengimbanginya lagi dengan kebijakan yang makin berpihak pada sebesar-besar keselamatan rakyat,” kata Puan, Jumat (16/7/2021).

Dia berujar, masalah kesehatan merupakan penentu untuk langkah selanjutnya Bangsa ini, termasuk di sisi ekonomi. Puan mendorong pula program-program pro-rakyat terus ditingkatkan, baik sebagai penyangga selama pandemi dengan pembatasan mobilitas maupun antisipasi perkembangan ekonomi pasca-pandemi.

“Daya tahan rakyat itu terbatas ketika pembatasan mobilitas berlangsung lama,” kata Puan.

Mantan Menko PMK ini juga meminta semua kalangan dengan keahlian dan kapasitas masing-masing untuk turun tangan memberi solusi terkait tantangan layanan pengobatan yang efektif dan efisien, terutama bagi masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) karena Covid-19.

BACA JUGA: Update Corona RI 16 Juli: Positif Tambah 54.000, Meninggal 1.205 Orang

Sejauh ini pemerintah menyediakan layanan telemedicine, menurut Puan patut diapresiasi. Namun, pelaksanaan di lapangan juga harus terus ditingkatkan dan diperluas jangkauannya.

“Jangan dipersulit, jangan diperumit. Mari bersama-sama turun tangan sesuai keahlian dan kemampuan masing-masing. Sekali lagi, keselamatan rakyat harus jadi penjuru,” tandasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X