Ketua MPR RI dan Ketua Majelis Turki Bahas Agresi Israel ke Palestina

- Selasa, 18 Mei 2021 | 09:54 WIB
Israel serang Palestina. (REUTERS/Ronen Zvulun)
Israel serang Palestina. (REUTERS/Ronen Zvulun)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan kecaman keras atas agresi militer Israel ke Palestina, dalam pembahasan dengan Ketua Majelis Agung Turki Mustafa Sentop melalui sambungan telepon pada Senin (17/5/2021).

Bamsoet juga secara khusus mengutuk pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang dianggapnya membahayakan situasi yang ada. Sebelumnya, Netanyahu sempat mengatakan bahwa mereka tidak akan menghentikan serangan ke Palestina.

"Saya secara tegas mengutuk pernyataan PM Israel yang mengatakan tidak akan menghentikan serangan dan akan terus melakukan tekanan dengan kekuatan penuh. Pernyataan ini sangat berbahaya dan mengancam situasi kemanusiaan di wilayah tersebut,” ujar Bambang, seperti disampaikan melalui keterangan KBRI Ankara, Selasa (18/5/2021).

Bamsoet meminta PBB segera mengambil tindakan tegas untuk mencegah bencana kemanusiaan lebih lanjut.

Dalam pembicaraan tersebut, kedua tokoh menyampaikan dukungan serta apresiasi terhadap sikap dan upaya keras pemerintah Indonesia dan Turki untuk mencari penyelesaian segera melalui berbagai forum internasional, untuk menghindari jatuhnya lebih banyak korban, khususnya perempuan dan anak-anak.

Keduanya juga sepakat mendorong forum-forum kerja sama antarparlemen yang ada untuk mengambil sikap dan langkah nyata terhadap agresi militer Israel tersebut.

“Saya yakin pemimpin dan rakyat Indonesia dan Turki akan selalu bersama rakyat Palestina. Saya yakin kedua negara juga akan selalu mengupayakan penciptaan perdamaian antara Israel dan Palestina berdasarkan prinsip solusi dua negara,” kata Ketua Majelis Agung Turki Mustafa Sentop.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X