ICW Berikan Info Dugaan Gratifikasi Firli Bahuri ke Bareskrim Polri

- Kamis, 3 Juni 2021 | 14:02 WIB
Anggota Divisi Investigasi ICW Wana Alamsyah di Mabes Polri, Kamis (3/6/2021). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Anggota Divisi Investigasi ICW Wana Alamsyah di Mabes Polri, Kamis (3/6/2021). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Divisi Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) siang tadi menyambangi kantor Bareskrim Polri untuk memberikan informasi terkait dugaan gratifikasi. Dugaan gratifikasi ini berkaitan dengan penyewaan helikopter yang disinyalir ICW diterima oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

"ICW pada hari ini menyampaikan informasi dan laporan terkait dengan dugaan kasus penerimaan gratifikasi yang diterima oleh ketua KPK Firli Bahuri terkait dengan penyewaan helikopter," kata anggota Divisi Investigasi ICW Wana Alamsyah kepada wartawan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Informasi yang diberikan ke Bareskrim disebutnya berkaitan dengan dugaan gratifikasi yang diterima oleh Firli. Firli disebutnya tidak menyampaikan hal yang sebenarnya dalam hal penyewaan helikopter saat sidang etik.

"Dalam sidang etik, Firli menyampaikan harga sewa heli itu sebesar Rp7 juta belum termasuk pajak. Jadi jika ditotal dalam jangka waktu 4 jam penyewaan yang dilakukan oleh Firli ada sekitar Rp30,8 juta yang dia bayarkan kepada penyedia heli yang mana penyedianya adalah PT Air Pasifik Utama," beber Wana.

BACA JUGA: Berkerumun di Sidang Rizieq, 5 Simpatisan Diamankan Polisi

Wana menyebut informasi yang masuk ke ICW dari penyedia jasa heli lainnya mengungkap jika harga sewa perjamnya sekitar Rp39,1 juta. Jika ditotal dengan harga normal, Wana menyebut Firli harus membayar heli sebesar Rp172,3 juta.

"Jadi ketika kami selisihkan harga sewa barangnya ada sekitar Rp141 sekian juta yang diduga itu merupakan dugaan penerimaan gratifikasi atau diskon yang diterima oleh Firli dan kami melakukan korespondensi juga dengan penyedia jasa heli tersebut," pungkas Wana.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X