Bamsoet: Pentingnya Nasionalisme untuk Pembangunan Karakter Generasi Muda Bangsa

- Minggu, 2 Mei 2021 | 14:02 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. (photo/Instagram/@bambang.soesatyo)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. (photo/Instagram/@bambang.soesatyo)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyatakan, menanam nasionalisme sangat penting bagi pembangunan karakter generasi muda bangsa. Hal itu melihat Indonesia yang penuh keberagaman sehingga jadi tantangan besar bangsa.

"Misalnya,melemahnya rasa toleransi dalam keberagaman, masih berkembangnya radikalisme, dekadensi moral generasi muda bangsa, memudarnya identitas dan jati diri bangsa, dan masih adanya kesenjangan sosial ekonomi," kata Bambang Soesatyo atau Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (02/4/21).

Hal itu disampaikan Bamsoet dalam acara Nasional is Me: Indonesia Pasti Bisa yang diselenggarakan Yayasan Bentang Merah Putih dan Yayasan Pandu Pemimpin Cinta Bangsa secara virtual di Jakarta, Minggu.

Bamsoet mengatakan, lemahnya rasa toleransi dalam keberagaman bisa dilihat pada data yang diungkapkan SETARA Institute, yang mencatat terjadinya 846 peristiwa pelanggaran kebebasan beragama antara tahun 2014 dan 2019.

"Contoh lain adalah penyalahgunaan politik identitas dalam kontestasi politik sehingga renggangnya ikatan kohesi sosial, dan polarisasi masyarakat pada dua kutub yang berseberangan, baik sebelum, selama, maupun setelag penyelenggaraan pemilu," ujarnya.

Ia menilai, menanamkan nasionalisme terhadap para generasi muda bangsa merupakan strategi yang sangat tepat.

Hal itu, kata Bamsoet, karena di tengah periode bonus demografi saat ini, sebanyak 70,72 persen penduduk Indonesia merupakan usia produktif.

"Hampir 69 persen atau sekitar 131,6 juta jiwa adalah sumber daya manusia potensial yang berusia antara 15 dan 44 tahun," katanya.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan makin kompleks dan dinamis.

Untuk menjawab tantangan tersebut, menurut dia, salah satu faktor kuncinya adalah konsolidasi bangsa untuk memperkuat ikatan kebangsaan dalam mewujudkan Indonesia yang beradab.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X