Khusus Putra Papua, Mabes Polri Beri Kuota Tambahan untuk Calon Polisi

- Minggu, 14 Maret 2021 | 13:21 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Div Humas Polri)
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Div Humas Polri)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan perhatian lebih kepada warga Papua terkait penerimaan anggota polisi atau calon perwira. Pasalnya, Mabes Polri memberikan tambahan kuota untuk putra Papua untuk menjadi calon polisi.

Seleksi penerimaan calon perwira sendiri diketahui sudah selesai dan diumumkan. Namun, ada dua Polda yang diberikan kuota tambahan untuk calon perwira.

Kedua Polda tersebut antara lain Polda Papua dan Polda Papua Barat. Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan berdasarkan surat dari As SDM Mabes Polri, Polda Papua mendapat tambahan kuota sebanyak 77 orang. Sementara itu, Polda Papua Barat yang diterima berjumlah 150 orang. 

"Sehingga total bintara Polda Papua yang mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 50 tahun 2021 sebanyak 246 orang. Lalu, Polda Papua Barat 150," kata Irjen Argo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (14/3/2021)

Argo mengatakan calon peserta didik baik asli dari Papua maupun pendatang akan mengikuti proses administrasi yang ditentukan. Jika dinyatakan lulus, para peserta dapat mengikuti pendidikan.

"Para bintara yang dinyatakan lulus tersebut akan mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di Sukabumi selama tujuh bulan," beber Argo.

Lebih jauh Argo mengatakan tambahan kuota ini dilakukan usai adanya diskusi antara Polda Papua, Polda Papua Barat dengan Pemerintah Daerah setempat. Tentunya hal ini juga atas persetujuan Kapolri.

"Kami memberikan apresiasi kepada Pemda setempat karena telah memberi dukungan kepada para bintara Polri yang mengabdikan diri di Papua dan papua Barat terlebih Orang Asli Papua (OAP) sehingga dapat mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi," pungkas Argo.

 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X