Mengerikan, Balita Digigit Komodo di Pulau Komodo, Tangannya Putus, Diduga Akibat Proyek

- Sabtu, 16 Januari 2021 | 20:49 WIB
Pearawat melakukan penanganan terhadap balita 4,5 tahun yang digigit komodo (Antara)
Pearawat melakukan penanganan terhadap balita 4,5 tahun yang digigit komodo (Antara)

Seorang balita berusia 4,5 tahun berinisial F, yang sedang asik asik bermain digigit seekor komodo hingga pergelangan tangannya putus, Sabtu (16/1/20210

Balita tersebut diketahui tinggal bersama orang tuanya di Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dilansir dari Antara, balita itu awalnya sedang bermain tak jauh dari ibunya sebab saat itu ayahnya tak sedang berada di rumah. Ia bermain dengan seutas tali yang di ujung tali diikat dengan botol plastik. Botol tersebut sepertinya menarik perhatian komodo.

Tiba-tiba komodo yang memang sudah berada di bawah rumah itu menggigit botol tersebut dan menariknya sehingga anak tersebut kemudian terjatuh.

Setelah jatuh, komodo tersebut langsung menyerang bocah itu dan menggigit pergelangan tangannya sehingga terputus. Tak hanya bagian tangan, Komodo yang menurutnya berukuran sedang itu juga menggigit sebagian wajah dari bocah balita tersebut.

Ibunya yang berada tak jauh dari lokasi anaknya jatuh langsung kaget karena anaknya menangis-nangis. Saat melibat anaknya sedang digigit komodo, ia langsung berteriak dan meminta tolong.

"Sempat ada perlawanan antara ibu dan Komodo itu. Setelah akhirnya karena banyak warga yang mendengar teriakan ibu dan anak itu akhirnya pada datang," kata Sekretaris Desa Komodo Ismail.

Saat Komodo itu sempat dipukul warga setempat namun akhirnya melarikan diri.

Konflik antara warga dan Komodo akhiri-akhir ini semakin sering terjadi. Pada beberapa waktu sebelumnya, sempat viral di media sosial seekor komodo tengah berjalan di dekat sebuah truk pengangkut material proyek.

Komodo tersebut diduga merasa terganggu dengan situasi pada saat itu dengan ramainya orang orang yang melakukan pengerjaan proyek yang disebut 'Jurassic Park' itu.

Foto tersebut diunggah akun Instagram @gregoriusafioma. Gregorius menyebut bahwa pemandangan tersebut benar-benar “gila” dan tak pernah dibayangkan sebelumnya bisa terjadi. ?

"Truk masuk ke dalam kawasan konservasi yang dijaga ketat selama puluhan tahun dan telah secara sistematik meminggirkan masyarakat dari akses terhadap pembangunan yg layak demi konservasi," tulisnya dalam unggahan itu.

Gregorius menduga bahwa truk tersebut adalah truk pertama yang masuk ke dalam kawasan konservasi komodo sejak komodo menjadi perhatian dunia tahun 1912.?

"Dengan santuy, orang menyaksikan dari atas truk, tanpa mereka menyadari bahwa kawasan ini telah melewati sejarah yang sangat panjang dan melibatkan narasi-narasi pengorbanan dari berbagai pihak," katanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X