Dedi Mulyadi Sebut Alokasikan PNBP Pulau Komodo untuk Pengembangan Daerah

- Senin, 23 November 2020 | 23:32 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi. (Photo/ANTARA)
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi. (Photo/ANTARA)

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi meminta pemerintah mengalokasikan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Pulau Komodo dimanfaatkan untuk pembangunan dan pengembangan daerah lokal.

Hal itu disampaikan oleh usai Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait Pulau Komodo di Ruang Rapat Komisi IV DPR RI Jakarta, dalam siaran pers yang diterima di Purwakarta, Senin (23/11/2020).

"Di sana harus dibangun infrastruktur yang berpihak kepada masyarakat lokal," kata Dedi, dilansir dari Antara, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis Dikabarkan Positif COVID-19

Ia juga mengatakan bahwa rapat tersebut diikuti masyarakat lokal, LSM, akademisi, pelaku usaha dan Badan Otorita Pariwisata disepakati tidak boleh ada pemindahan masyarakat lokal di Pulau Komodo ke Pulau Rinca seperti isu yang beredar.

"Ada kekhawatiran kalau pariwisata dikelola oleh bisnis profesional. Masyarakat lokal takut dipindahkan ke pulau lain. Tapi ternyata ada jaminan dari Badan Otorita Pariwisata bahwa kabar pemindahan masyarakat lokal itu tidak benar," katanya.

"Di sana harus dibangun infrastruktur yang berpihak kepada masyarakat lokal. Kalau sekarang terkonsentrasi ke pelabuhan dan jalur wisata. Jadi nanti harus mempertahankan dan membangun rumah adat di sana, sarana air bersih, sarana pendidikan, juga rumah sakit terapung dan ambulans terapung. Ini harus menjadi fokus utama, sehingga modernisasi harus bermanfaat bagi masyarakat di Pulau Komodo," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X