Kerap Dituding Lindungi Gubernur Anies dari Dugaan Kasus Korupsi, Ini Kata Novel Baswedan

- Senin, 21 Juni 2021 | 10:48 WIB
Kiri: Novel Baswedan (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra) / Kanan: Anies Baswedan (Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Kiri: Novel Baswedan (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra) / Kanan: Anies Baswedan (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kerap dituding melindungi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari dugaan kasus korupsi.

Saat ini, KPK memang tengah mengusut kasus dugaan korupsi proyek rumah DP nol rupiah. Mantan Dirut Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory Corneles Pinontoan telah dijadikan tersangka dalam kasus ini.

Novel Baswedan yang masih kerabat dari Anies Baswedan akhirnya angkat bicara mengenai tudingan tersebut. Menurutnya, tuduhan tersebut tidak masuk akal karena KPK juga mengenal 'conflict of interest' sebagai etika.

Jadi, jika ada pegawai KPK memiliki hubungan keluarga dengan pihak yang tengah diusut, maka pegawai tersebut tidak boleh menangani kasus tersebut.

"Saya kira salah, karena justru sebenarnya seandainya pun ada perbuatan yang korupsi maka saya enggak boleh ikut menangani," kata Novel dikutip dari kanal YouTube Public Virtue Institute, Senin (21/6/2021).

Namun, dia tidak terkejut ada yang menuduhkan hal itu kepadanya. Menurutnya, itu adalah cara-cara melemahkan pemberantasan korupsi dengan menurunkan kredibilitas orang-orang yang ingin memberantas korupsi di Indonesia.

"Saya kira itu memang dibungkus sedemikian rupa. Karena upaya-upaya stigma dilakukan terus menerus," ucapnya.

Hingga saat ini, Novel menegaskan tidak tahu dugaan kasus korupsi yang mungkin melibatkan Anies Baswedan karena tahapan pengusutan korupsi sangat kompleks.

"Di KPK itu kalau ada perkara berjalan itu adanya Direktorat Pengaduan Masyarakat itu dulu namanya PIPM, kalau kemudian perkara itu dilaporkan ke KPK yang handle adalah pegawai KPK yang bagian Direktorat Pengaduan Masyarakat, dan itu tidak ada hubungan dengan saya, saya penyidik," katanya.

Sementara itu, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri pernah mengatakan tidak tertutup kemungkinan Anies Baswedan dipanggil sebagai saksi dalam pengusutan kasus program rumah DP 0 rupiah Pemprov DKI Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X