Nadiem dan Megawati Bertemu, PDIP: Tidak Ada Kaitan dengan Reshuffle

- Rabu, 21 April 2021 | 20:00 WIB
Mendikbud Nadiem Makarm dan Megawati. (Foto: Instagram/@nadiemmakarim)
Mendikbud Nadiem Makarm dan Megawati. (Foto: Instagram/@nadiemmakarim)

DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjelaskan ihwal pertemuan antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, pertemuan antara Megawati dengan Nadiem sudah dilakukan beberapa kali. Pertemuan yang sudah dilakukan itu untuk membahas politik pendidikan yang bertumpu pada upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Politik pendidikan untuk meletakkan landasan kebudayaan bagi kemajuan bangsanya melalui penguasaan iptek, politik pendidikan yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa. Jadi dialog tersebut memang perlu bagi kepentingan kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan nasional bangsa," ujar Hasto dalam keterangannya yang diterima Indozone, Rabu (21/4/2021).

Untuk pertemuan yang dilakukan pada Selasa (20/4/2021), berlangsung selama dua jam. Beragam hal dibahas mulai dari politik pendidikan, pentingnya Pancasila dan juga pendidikan budi pekerti serta kebudayaan.

“Bu Mega berulang kali menekankan pentingnya pendidikan karakter dan pendidikan yang menggelorakan rasa cinta pada tanah air tidak hanya melalui teori, namun juga praktik, guna memahami apa itu gotong royong, nasionalisme, dan pengenalan Indonesia yang begitu plural,” jelas Hasto.

"Jadi bukan hanya aspek kognitif saja. Ibu Mega juga banyak menceritakan pengalamannya ketika oleh Bung Karno diminta belajar di Perguruan Cikini yang didirikan oleh para pejuang perempuan," imbuhnya.

BACA JUGA: Lebih dari 3 Kursi Menteri Diprediksi Bakal Direshuffle, Pengamat: Nadiem Harusnya Kena

Terkait pertemuan Nadiem dengan Megawati yang dikaitkan dengan isu reshuffle, Hasto menekankan bilamana PDIP selalu memegang prinsip atas keputusan Presiden Jokowi.

"Pertemuan tersebut tidak membahas hal itu (reshuffle). Karena persoalan pendidikan sebagai dasar kemajuan bangsa merupakan hal yang fundamental," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, di tengah isu kocok ulang atau reshuffle di Kabinet Indonesia Maju, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengunggah foto bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hal tersebut dibagikan Nadiem sebagaimana dalam akun instagram pribadi ya @nadiemmakarim yang diunggah pada Selasa (20/4/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X