The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari Ini Ulang Tahun ke-60, Jokowi Ngaku Sudah Bekerja Keras Menahan Laju Pandemi Covid-19
Presiden Joko Widodo berulang tahun hari ini genap berusia ke-60. (Instagram/Joko Widodo)
News

Hari Ini Ulang Tahun ke-60, Jokowi Ngaku Sudah Bekerja Keras Menahan Laju Pandemi Covid-19

Senin, 21 Juni 2021 12:21 WIB 21 Juni 2021, 12:21 WIB

INDOZONE.ID - Hari ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi berulang tahun yang ke-60. Jokowi lahir pada 21 Oktober 1961 di Surakarta.

Ulang tahun Jokowi pada tahun ini tidak banyak perayaan di tengah situasi pandemi Covid-19. Terlihat di akun media sosialnya hanya memperlihatkan kalau Indonesia mendapatkan 10 juta vaksin baru.

"Tengah hari tadi, pesawat Garuda Indonesia tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan muatan sebanyak 10 juta dosis bahan baku vaksin CoronaVac dari Sinovac," tulis Jokowi di akun Instagramnya seperti yang dikutip Indozone, Senin (21/6/2021).

Jokowi menyadari kalau saat ini kasus positif Covid-19 tengah melonjak. Dia menyebutkan kalau pemerintah tidak henti-hentinya berikhtiar guna menahan laju penyebaran virus yang memasuki tahap genting.

"Di tengah lonjakan kasus positif Covid-19, kita tak henti-hentinya berikhtiar untuk menahan laju penyebaran virus ini," sebutnya.

Jokowi memeberkan kalau Minggu (20/6/2021) semalam, pesawat Garuda Indonesia tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan muatan sebanyak 10 juta dosis bahan baku vaksin CoronaVac dari Sinovac.

"Dengan tambahan 10 juta dosis vaksin ini, Indonesia telah menerima 104.728.400 dosis vaksin dari Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm," katanya.

Dia menyebutkan kalau vaksin-vaksin ini diharapkan akan memperkuat upaya pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi nasional sehingga kekebalan komunal bisa segera tercapai.

Di saat yang sama, masyarakat diharapkan tetap menaati protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

"Tetaplah menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan tetap memakai masker. Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa dan pandemi ini dapat kita kendalikan," kata Jokowi.

Ampuh untuk lindungi dari varian Delta

Berita baiknya, data baru dari Public Health England menunjukkan bahwa vaksin covid-19 terbukti dapat memberikan perlindungan juga termasuk untuk varian Delta (B.1.617.2 atau sebelumnya disebut varian India).

Dikatakan bahwa 2 dosis vaksin lengkap AstraZeneca 92% efektif mencegah rawat inap dan tidak ada kematian ditemukan pada yang telah divaksin.

Vaksin juga menunjukan efektivitas tinggi terhadap varian alpha (B.1.1.7 atau varian Inggris)
Berdasarkan kajian cepat Balitbangkes Kemenkes RI pada bulan Mei lalu, didapatkan bahwa 2 dosis vaksin lengkap Sinovac mampu menurunkan resiko covid-19 yang bergejala sebanyak 94%, mencegah perawatan hingga 96% dan 98% mencegah kematian karena covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US