Jokowi Didesak Sanksi Anak Buahnya yang Izinkan TKA China Masuk RI di Tengah PPKM Darurat

- Jumat, 9 Juli 2021 | 18:30 WIB
TKA China masuk ke Indonesia. (photo/Screenshoot/Istimewa)
TKA China masuk ke Indonesia. (photo/Screenshoot/Istimewa)

Beberapa waktu lalu, sekitar 20 TKA asal China masuk ke Indonesia di tengah penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) Darurat. Mantan Waketum Gerindra, Arief Poyuono mengatakan, Jokowi harus menindak menteri yang sengaja mengizinkan para TKA China itu masuk Indonesia.

"Harus ada menteri yang bertanggung jawab yang memiliki hubungan masuknya TKA yang membawa penyebaran virus corona varian delta yang sangat masif saat ini," kata Poyuono kepada wartawan, Jumat (9/7/2021).

Poyuono menilai masuknya puluhan TKA China itu berpotensi membawa virus Corona khususnya varian baru. Ia pun mewanti-wanti para TKA yang datang dari China dan India.

Lebih lanjut, ia menduga ada oknum yang mempermudah proses kedatangan para TKA tersebut, misalnya seperti protokol kesehatan, karantina dan sebagainya. Menurutnya mudahnya para TKA masuk ke Indonesia lantaran dengan dalih investasi.

"Jika Presiden Jokowi tidak meminta pertanggung jawaban, menunjukkan kalau pemerintahannya tidak ada kontrol yang baik terhadap menteri-menteri yang kebijakannya menyebabkan masuknya covid yang sangat masif di Indonesia," tuturnya.

Lebih lanjut, ia enggan langsung menyebut nama-nama menteri yang harus diberikan sanksi oleh Jokowi. Namun, ia menyampaikan kriterianya.

"Seperti ada menteri yang selalu melakukan pembenaran dengan dalih investasi dan ketidakmampuan TKI untuk bekerja di sektor tambang. Para TKA masuk ke Indonesia saat pandemi tanpa prosedur prokes yang ketat," tuturnya. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X