Hore! Tidak Ada Tilang dalam Operasi Zebra Tahun Ini, Polisi Ungkap Masyarakat Bahagia

- Rabu, 18 November 2020 | 22:16 WIB
Kolase foto Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono dan ilustrasi tilang. (ANTARA)
Kolase foto Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono dan ilustrasi tilang. (ANTARA)

Pada tahun ini, Kepolisian RI memutuskan tidak memberlakukan tilang terhadap pengendara yang terjaring Operasi Zebra.

Kebijakan inipun disambut gembira oleh masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol. Istiono.

Melalui siaran persnya, Rabu (18/11/2020), Istiono mengatakan bahwa pihaknya komitmen dengan arahan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Petugas kepolisian tidak menerapkan sanksi tilang karena saat ini masyarakat masih disulitkan atas pandemi COVID-19. Tilang justru akan dianggap menambah beban masyarakat.

"Teguran dan imbauan itulah yang kami lakukan. Penegakan hukum sementara kami kesampingkan. Kelonggaran ini ditanggapi positif oleh masyarakat," kata Istiono dilansir dari ANTARA.

Dari evaluasi kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) pada Operasi Zebra 2020 yang bersamaan dengan libura panjang, menurut dia, hasilnya berjalan baik.

Keberhasilan Korlantas Polri dalam mengantisipasi liburan panjang ini, kata Istiono, tidak terlepas dari dikerahkannya tim perwira pengamat wilayah (Pamatwil) saat pengamanan liburan panjang dan Operasi Zebra 2020.

"Tim Pamatwil sangat membantu jajaran polantas dalam mengedukasi dan mengedepankan upaya humanis kepada masyarakat dalam hal berkendara," tuturnya.

Istiono menyebut kerja sama antar instansi dengan lembaga dan departemen terkait dalam mengantisipasi pemudik dan masyarakat yang memanfaatkan hari libur panjang berekreasi mengunjungi tempat-tempat wisata, berjalan lancar.

Ia mengemukakan bahwa kondisi pandemi COVID-19 memaksa penerapan gaya operasi yang berbeda.

Konsep operasi yang mengedepankan upaya-upaya edukasi, penerangan, serta membangun kesadaran masyarakat, menurut dia, ternyata berhasil.

"Apalagi, Operasi Zebra ini dilaksanakan secara simpatik, persuasif dan humanis, menghindari melakukan tilang sesuai perintah Kapolri," kata Istiono.

Istiono mengatakan, selama pelaksanaan Operasi Zebra 2020 dalam kurun 14 hari, kegiatan yang dilakukan Polri cenderung berfokus pada edukasi, penyuluhan, dan pencegahan. Hal ini sebagai upaya menjaga terselenggaranya kamseltibcarlantas dan penerapan disiplin protokol kesehatan.

Dalam operasi ini, Korlantas Polri mengerahkan 160.916 orang tim gabungan yang terdiri atas 94.170 personel Polri, 24.448 anggota TNI, dan 42.298 personel dari unsur terkait lainnya. Selain itu, juga terdapat 645 pos keamanan dan pos terpadu.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X