Komisi III Tuntut Polisi Tuntaskan Kasus Pembantaian Satu Keluarga di Sigi

- Minggu, 29 November 2020 | 10:00 WIB
Pembantaian satu keluarga di Sigi, jasadnya dibakar dalam rumah. (Istimewa)
Pembantaian satu keluarga di Sigi, jasadnya dibakar dalam rumah. (Istimewa)

Ketua Komisi III DPR Herman Herry mengutuk keras aksi teror yang menyebabkan satu keluarga di Dusun Lewono Desa Lembantongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terbunuh dan disertai pembakaran sejumlah rumah.

Herman Herry pun menuntut Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Abdul Rakhman Baso memerintahkan jajarannya untuk bekerja cepat dan serius menyelesaikan kasus tersebut serta membawa para pelaku ke depan hukum.

"Saya prihatin dengan kejadian ini dan mengutuk keras kebiadaban para pelaku aksi teror yang tidak hanya melakukan pembunuhan atas satu keluarga, tetapi juga membakar sejumlah rumah di mana ada di antaranya merupakan rumah yang dijadikan tempat pelayanan umat Kristiani," ujar Herman dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: KPK Tangkap Edhy Prabowo, Arief Puyuono Sebut Mimpi Prabowo Jadi Presiden Sudah Game Over

"Kasus ini harus menjadi perhatian serius bagi Kapolda Sulawesi Tengah untuk segera memerintahkan jajarannya mengusut tuntas kasus ini dan membawa orang-orang yang bertanggung jawab ke muka hukum," tambahnya.

Ia juga berharap aparat kepolisian tidak memperlakukan kasus ini sebagai kriminalitas biasa. Terlebih dengan kabar yang beredar bahwa tindak pembunuhan dan pembakaran tersebut diduga dilakukan oleh kelompok teroris lokal, yakni Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

"Aparat kepolisian harus memastikan kebenaran apakah kejahatan biadab ini memang dilakukan oleh teroris lokal sebagaimana kabar yang beredar. Jika memang demikian, artinya aparat yang berwenang memiliki tugas tambahan untuk membebaskan masyarakat setempat dari ketakutan akan adanya sisa-sisa kombatan teroris lokal tersebut," terang Herman.

"Saya meminta aparat secara profesional segera melakukan tindakan yang dianggap perlu demi mengembalikan keamanan di daerah tersebut. Negara tidak boleh kalah dari siapapun yang mencoba-coba merusak ketentaraman dan kerukukunan masyarakat," tandas politikus PDI Perjuangan tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, satu keluarga di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dibunuh oleh sejumlah orang tak dikenal pada Jumat siang (27/11/2020) waktu setempat. Pembunuhan ini juga disertai pembakaran sejumlah rumah di sekitar tempat kejadian. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X