Menhan Prabowo Turut Siapkan Beasiswa Penuh untuk Putra dan Putri Awak KRI Nanggala

- Selasa, 27 April 2021 | 10:20 WIB
Kiri: KRI Nanggala 402 (ANTARA FOTO/Suryanto) / Kanan: Menhan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Kiri: KRI Nanggala 402 (ANTARA FOTO/Suryanto) / Kanan: Menhan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Menhan RI Prabowo Subianto memerintahkan SMA Taruna Nusantara Magelang dan Universitas Pertahanan RI, agar mengalokasikan tempat dan memberi beasiswa penuh bagi putra-putri dari 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402.

"Bagi putra-putri yang mengenyam pendidikan tingkat SMA, (mereka) akan diterima di SMA Taruna Nusantara Magelang dengan beasiswa penuh," kata Prabowo Subianto, dikutip dari Antara, Selasa (27/4/2021).

SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekolah berbasis semi-militer itu dikenal luas memiliki sistem seleksi ketat dan menghasilkan banyak lulusan yang berprestasi di berbagai bidang, khususnya kemiliteran dan kepolisian.

Untuk anak-anak dari awak KRI Nanggala 402 yang hendak melanjutkan ke perguran tinggi, Prabowo memerintahkan agar Universitas Pertahanan (Unhan) memberikan tempat untuk mereka.

"Bagi yang akan masuk perguruan tinggi, akan diterima di Universitas Pertahanan Republik Indonesia juga dengan beasiswa penuh," kata Prabowo menegaskan.

Sementara bagi anak-anak yang masih SMP, Prabowo mengatakan pihaknya masih menyiapkan cabang pendidikan dari Taruna Nusantara untuk level SMP.

Nantinya, Taruna Nusantara tingkat SMP juga akan mengadopsi sistem asrama. Sementara, untuk anak-anak awak KRI Nanggala 402 yang masih SD dan SMP, akan diberikan beasiswa penuh melalui Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah menegaskan bahwa negara menjamin pendidikan putra-putri keluarga prajurit KRI Nanggala-402 akan terus berlanjut sampai jenjang pendidikan Strata-1 (S1).

Artikel menarik lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X