Pesawat Kepresiden Dicat Warna Merah, Demokrat Ungkap Pemilihan Warna Biru Langit

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 14:49 WIB
Pesawat kepresidenan yang berubah menjadi merah dan putih (ist)
Pesawat kepresidenan yang berubah menjadi merah dan putih (ist)

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief mempertanyakan maksud dari perubahan warna pesawat kepresidenan. Di mana pesawat tersebut dicat ulang dari warna biru-putih kini menjadi merah-putih.

"Sekarang pesawat kepresidenan berwarna merah. Entah maksudnya apa, bisa warna bendera, bisa juga corona. Dulu biru," kata Andi Arief sebagaimana dikutip dari akun twitternya yakni @Andiarief__, Selasa (3/8/2021). Indozone sudah diperbolehkan untuk mengutip cuitan Andi tersebut.

Andi turut memaparkan asal muasal mengapa desain warna pesawat Kepresidenan tersebut berwarna biru langit. Di mana saat di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipilih warna biru langit oleh seorang mayor desainer TNI AU agar memilik tujuan keamanan saat terbang.

Dilanjutkan Andi, warna biru langit tersebut bisa menjadi warna kamuflase saat terbang di udara.

"Desain dan warna karya seorang mayor desainer di TNI AU. Dominasi biru langit adalah upaya peningkatan keamanan penerbangan,  sebagai warna kamuflase saat terbang," jelas Andi.

Diketahui sebelumnya Pesawat Kepresidenan telah dicat ulang menjadi warna merah dan putih, setelah sebelumnya adalah berwarna biru serta putih. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono membenarkan ihwal pengecatan ulang tersebut.

"Benar, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 atau Pesawat BBJ 2 telah dilakukan pengecatan ulang," kata Heru kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X