Temui Tokoh Papua, Pangkoopsau III Minta Maaf atas Kekerasan Oknum TNI AU

- Jumat, 30 Juli 2021 | 12:07 WIB
Paparan dan diskusi Pangkoopsau III dengan Forkopimda Papua (Dok. Puspen Koopsau III)
Paparan dan diskusi Pangkoopsau III dengan Forkopimda Papua (Dok. Puspen Koopsau III)

Panglima Koopsau (Pangkoopsau) III Marsda TNI Bowo Budiarto bertemu dengan tokoh adat, tokoh agama, pemuda, dan tokoh masyarakat Papua di Jayapura, Kamis (29/7/2021).

Tujuannya adalah untuk menyampaikan permintaan maaf TNI Angkatan Udara, atas ulah dua oknum prajurit TNI AU yang melakukan kekerasan ke warga disabilitas di Merauke.

"Panglima TNI sangat menyesali kejadian dua anggota Pomau Lanud JA Dimara yang bersikap dan bertindak berlebihan kepada seorang warga sipil penyandang disabilitas, dan ini merupakan kegagalan seorang komandan dalam membina anggotanya," kata Bowo, dikutip dari Antara, Jumat (30/7/2021).

Perintah Panglima TNI untuk mencopot Komandan Lanud dan Komandan Satpomau Lanud JA Dimara, juga sudah ditindaklanjuti.

"Perintah ini sudah ditindaklanjuti oleh Kasau, dan besok saya akan berangkat ke Merauke untuk melantik pejabat baru, sekaligus akan mendalami dan mengevaluasi kejadian tersebut, agar tidak terulang lagi di kemudian hari," kata Bowo.

Bowo menegaskan tindakan dua oknum TNI AU itu merupakan sikap yang berlebihan dari seorang prajurit, dan ini merupakan tindakan di luar perintah kedinasan.

"Untuk itu Kasau akan menindak secara tegas terhadap pelaku yang berbuat kesalahan, dan seperti diketahui bersama Kasau sudah menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada saudara-saudara kita di Papua, khususnya warga di Merauke, serta kepada pihak korban dan keluarganya," ujar Bowo.

Bowo juga menyampaikan permohonan maaf TNI AU kepada pejabat Pemerintah Provinsi Papua, pejabat forkopimda, para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh saudara-saudara di wilayah Papua.

"Semua perintah Panglima TNI dan Kasau sudah kami tindaklanjuti, dan kami sangat berterima kasih kepada masyarakat dan korban tindak kekerasan serta keluarganya telah membukakan pintu maaf," ujar Bowo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X