Terkait Polemik Mobil Dinas, Wakil Ketua KPK: Silakan Publik yang Nilai Sendiri

- Senin, 19 Oktober 2020 | 19:52 WIB
  Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/3/2020). (Photo/ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/3/2020). (Photo/ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron kini mempersilakan publik untuk menilai sendiri terkait polemik pengadaan mobil dinas untuk pimpinan, dewan pengawas, dan pejabat struktural di lingkungan KPK.

"Saya berterima kasih atas perhatian ICW sebagai subyek yang dinilai saya mempersilakan publik untuk menilainya. Saya tidak akan menerima, pun tidak akan menolak," kata Ghufron di Jakarta, dilansir dari Antara, Senin (19/10/2020).

Tak hanya itu, Ghufron juga mengizinkan seluruh pihak yang selama ini mengkritik agar melihat langsung isi rumahnya.

"Silakan saja ke rumah saya untuk melihat rumah kontrakan saya, lihat makanan saya, lihat kendaraan, pakaian, dan semua yang ada. Setelah itu, saya akan menerima apapun penilaiannya," tambahnya.

Ia menyatakan bahwa berdasarkan peraturan, KPK sebagai aparatur negara difasilitasi salah satunya terkait transportasi. Meski demikian, karena belum ada fasilitas mobil dinas, maka diganti dengan tunjangan transportasi.

"Sehingga selama ini, pimpinan KPK menggunakan mobil pribadi untuk kegiatan dinasnya. Penganggaran mobil dinas tersebut sesungguhnya pun sudah beberapa kali dalam tahun-tahun anggaran sebelumnya diajukan ke DPR, bukan hanya tahun 2021 ini, namun karena kondisi ekonomi belum diberikan," ujarnya.

Sementara terkait harga mobil dinas, Ghufron mengatakan KPK tidak menentukannya karena semua telah diatur dalam peraturan tentang standar fasilitas aparatur negara.

"Dengan segala tingkatannya bahkan KPK meminta standar yang paling minim harganya. Apapun itu saya pribadi menyampaikan terima kasih atas perhatian publik, saya yakin itu karena cintanya pada KPK," ucap Ghufron.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X