The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Blak-blakan, Risma Sebut Pemerintah Tak Bisa Terus Menerus Berikan Bansos
Mensos Risma. (photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
News

Blak-blakan, Risma Sebut Pemerintah Tak Bisa Terus Menerus Berikan Bansos

Minggu, 25 Juli 2021 14:15 WIB 25 Juli 2021, 14:15 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Sosial RI (Mensos) Tri Rismaharini menegaskan, pemerintah tak bisa terus menerus menyalurkan bansos untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Hal itu karena pemerintah juga memiliki keterbatasan.

"Bantuan yang Bapak Ibu terima untuk meringankan beban karena pembatasan aktivitas. Tapi tidak bisa terus-menerus. Karena pemerintah memiliki keterbatasan," kata Risma saat memantau penyaluran bansos di Kantor Pos Kota Tuban, Jawa Timur, Sabtu (24/7).

Ia pun meminta masyarakat agar membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

"Kalau kita tidak mematuhi protokol kesehatan, maka virus ini akan terus bermutasi. Kita tidak selesai-selesai. Kita tidak bisa menggerakkan ekonomi," jelasnya.

Risma menjelaskan, keterbatasan yang dimiliki pemerintah tak hanya dari segi ekonomi melainkan juga dari segi kesehatan. Apabila masyarakat sulit diatur dan tak disiplin protokol kesehatan, maka akan merepotkan petugas kesehatan.

"Tenaga kesehatan terbatas, alat kesehatan termasuk obat-obatan juga tidak mencukupi, kapasitas rumah sakit terbatas, dan sebagainya. Nah itu yang harus dipikirkan," ujarnya.

Ia mengakui bila bantuan pemerintah 5 kilogram beras untuk satu keluarga per bulan tidak cukup. Risma pun sadar bahwa pemerintah tak sepenuhnya membantu masyarakat. Di mana bantuan itu hanya bersifat meringankan saja.

"Karena memang tujuannya untuk meringankan sebagian beban masyarakat. Itulah kemampuan negara yang mampu diberikan," terangnya.

Ia pun memastikan agar warga bukan hanya menerima bantuan dari pemerintah pusat. Ia mendorong agar mereka juga mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US