KPAI Sebut Hampir 80% Sekolah Siap Gelar Belajar Tatap Muka

- Senin, 7 Juni 2021 | 12:02 WIB
Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Pendidikan Retno Listyarti (ANTARA)
Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Pendidikan Retno Listyarti (ANTARA)

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebutkan sebanyak 79,54 persen sekolah siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19.

Angka tersebut didapatkan berdasarkan pengawasan yang dilakukan KPAI terhadap PTM terbatas yang dilakukan selama Januari hingga Juni 2021 di 42 sekolah pada 12 kabupaten/Kota di 7 provinsi.

"Adapun hasilnya menunjukkan peningkatan kesiapan PTM yang mencapai 79,54 persen, dan yang belum siap hanya 20,46 persen," ucap Komisioner KPAI, Retno Listyarti kepada Indozone, Senin (7/6/2021).

Sementara pada pengawasan pembukaan sekolah untuk menggelar pembelajaran tatap muka pada 2020, KPAI menemukan masih banyak sekolah yang tidak siap dalam menerapkannya.

Baca Juga: Yuk Intip Pembelajaran Tatap Muka SD-SMP di Banjarmasin

Pengawasan pada 2020 tersebut menurut Retno dilakukan pihaknya pada 49 sekolah pada 21 kabupaten/kota di 9 Provinsi. Hasilnya, hanya belasan persen sekolah yang telah siap melakukan PTM.

"Hasil pengawasan tahun 2020 menunjukkan ketidaksiapan sekolah sebanyak 83,3 persen, dan  hanya 16,7 persen sekolah yang siap PTM di masa pandemi," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim untuk membuka sekolah mulai Juli tahun ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X