Selamatkan Orang Tenggelam, Pria Asal Indonesia Ini Disebut Pahlawan

- Senin, 13 Januari 2020 | 19:29 WIB
Habibie Syaaf dan Ron Downson bersama Lindsay Hoyle juga Priti Patel. (Photo/Skynews)
Habibie Syaaf dan Ron Downson bersama Lindsay Hoyle juga Priti Patel. (Photo/Skynews)

Sebelumnya, pada Rabu (8/1) dua orang polisi Inggris berhasil menyelamatkan nyawa seorang pria yang terjatuh ke Sungai Themes, Inggris. Pria itu sempat berpegangan pada tangga di dekat sungai sebelum akhirnya jatuh ke dalam sungai sedalam 20 meter itu.

Ron Dowson dan Habibi Syaaf adalah nama polisi tersebut. Habibi Syaaf sendiri merupakan pria asal Indonesia yang menetap di Inggris. Ia merupakan suami dari Angie Virgin, seorang pemain film remaja "Virgin".

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angie Yulia Hanafie (@angie_virgin) on

Saat itu, Habibi dan Ron sedang berpatroli malam. Lalu ia dihubungi oleh pihak operator CCTV dan diinformasikan bahwa ada seseorang yang jatuh ke Sungai Thames.

Ketika mereka menemukan posisi pria tersebut, sayangnya ia sudah jatuh ke sungai dan sedang berjuang untuk tetap bernapas sambil berpegangan pada tangga.

"Saya turun ke tangga paling bawah dan mendesaknya untuk memberikan tangannya padaku. Tapi, ketika saya melakukannya, cengkramannya justru berkurang dan ia nyaris hanyut," ujar Habibie (38), seperti yang dikutip dari Skynews.

"Aku hanya berteriak 'pegang tanganku'," sambung Habibie.

Karena belum berhasil mengangkat pria itu, kedua polisi itu pun menggunakan pelampung dan akhirnya mereka bisa menyelamatkan pria itu.

-
Potret keluarga Habibi Syaaf. (photo/Instagram/@angie_virgin)

"Kami menyeretnya ke taman dan Ron melepas pakaian pria itu yang basah lalu membungkusnya dengan selimut," kata Habibi.

Atas aksi heroik Habibi dan Ron, mereka dijuluki sebagai pahlawan oleh Priti Patel (Menteri Dalam Negeri Inggris).

"Kepahlawanan mereka merupakan contoh sempurna seorang polisi yang bekerja untuk menjaga masyarakat agar tetap aman," ucap Priti Patel kepada Skynews.

Bukan hanya dianggap pahlawan oleh kedua tokoh tersebut, Habibi dan Ron juga dianggap penyelamat oleh seantero Inggris. Namanya sedang ramai diperbincangkan dan pujian terus berdatangan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X