POPULER: Singapura Laporkan Efek Samping Sinovac dan Praka Awaluddin Siagian Meninggal

- Senin, 20 September 2021 | 08:23 WIB
Ilustrasi vaksin. (Pixabay) / Praka Awaluddin Siagian. (Istimewa)
Ilustrasi vaksin. (Pixabay) / Praka Awaluddin Siagian. (Istimewa)

Sebelumnya, studi terbaru menyebutkan antibodi usai menggunakan vaksin Sinovac tak bertahan lebih dari 6 bulan. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan tersendiri.

Dari studi yang dilakukan, peneliti mengambil sampel darah usia dewasa 18 hingga 59 tahun, pada dua kelompok penelitian, masing-masing 50 peserta.

1. Singapura Melaporkan Adanya Efek Samping Serius Usai Vaksinasi COVID-19 Pakai Sinovac

Singapura melaporkan sekitar 90 kasus efek samping usai disuntik vaksin Sinovac. Dari 90 laporan tersebut ada lima laporan yang mengatakan efek sampingnya serius.

Diketahui bahwa efek samping serius tersebut terdiri dari reaksi alergi serius, vertigo, telinga berdenging, anafilaksis, hingga Bell's Palsy.

Buat kamu yang tidak tahu apa itu Bell's Palsy, itu adalah kondisi kelumpuhan mendadak yang terjadi pada otot-otot wajah. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini hanya bersifat sementara dan bisa membaik secara signifikan dalam waktu berminggu-minggu.

Hingga saat ini masih belum diketahui mengapa timbulnya Bell's Palsy pasca disuntik vaksin Sinovac.

Baca selengkapnya: Singapura Melaporkan Adanya Efek Samping Serius Usai Vaksinasi COVID-19 Pakai Sinovac

2. Sempat Mual dan Nyeri Dada, Praka Awaluddin Siagian Meninggal Usai 4 Menit Tiba di RS

Tersangka kasus penembakan mati Mara Salem Harahap atau Marsal, pemimpin media online di Simalungun, Praka Awaluddin Siagian meninggal dunia di RS Putri Hijau Medan pada Minggu (12/9/2021) sekitar pukul 19.45 WIB. 

Menurut Kepala Penerangan Kodam I/BB, Letkol Donald Erickson Silitonga, Praka Awaluddin menghembuskan napas terakhir setelah empat menit tiba di rumah sakit.

"Kemudian pada pukul 19.41 WIB tiba di IGD RS PUTRI HIJAU TK I MEDAN. Pada pk.19.45 wib Praka Awaludin Siagian dinyatakan meninggal dunia," terang Letkol Donald kepada Indozone.id saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Senin malam (13/9/2021).

Sebelum dilarikan ke rumah sakit, Praka Awaluddin sempat mengeluh rasa sakit nyeri di dada dan mual.

Baca selengkapnya: Sempat Mual dan Nyeri Dada, Praka Awaluddin Siagian Meninggal Usai 4 Menit Tiba di RS

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X