Ini Peran 4 KKB yang Baru Ditangkap Terkait Pembantaian 2 Pegawai PT Indo Papua

- Rabu, 1 September 2021 | 21:01 WIB
Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Teleggen masuk daftar DPO Polri. (ANTARA FOTO/HO-Humas Nemangkawi)
Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Teleggen masuk daftar DPO Polri. (ANTARA FOTO/HO-Humas Nemangkawi)

Satgas Nemangkawi diketahui baru saja menangkap empat orang yang diduga kuat tergabung dalam Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Keempat orang ini juga terlibat dalam aksi pembantaian dua pegawai PT Indo Papua.

"Personel gabungan berhasil mengamankan empat orang yang diduga kuat terlibat dalam KKB yang merupakan tindak lanjut dari pembunuhan dua pekerja PT Indo Papua pada tanggal 22 Agustus 2021," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (1/9/2021).

Keempat orang tersebut antara lain Herson Heluka (20), Etius Baye (38), Yance Baye (28) dan Yaluk Heluka (33). Mereka memiliki peran yang berbeda-beda dalam kelompok KKB.

Pelaku pertama yakni Etius Baye. Dia berperan sebagai dalang aksi pembantaian dan penyandang dana KKB.

"Etius Baye merupakan Kepala Distrik Wusama. Dia berperan sebagai otak dan penyandang dana untuk aktifitas," beber Kamal.

Pelaku selanjutnya yakni Herson Heluka yang berperan sebagai sopir pengantar keperluan KKB. Selanjutnya Yance Baye yang merupakan keponakan Etius Baye berperan menyiapkan logistik KKB.

"Sementara YH merupakan anggota KKB yang kerap ikut langsung dalam berbagai aksi termasuk pembunuhan empat pekerja bangunan di Kampung Bingky Distrik Seradala dan pembunuhan dua pekerja PT Indo Papua di Jembatan Kali Brazza," pungkas Kamal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X