The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kapolri Minta Pengawasan Warga dari Luar Negeri yang Masuk ke RI Diperketat
apolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat tinjau pelarangan mudik di Bandara Seotta, Tangerang. (Foto: Dok Divisi Humas Mabes Polri)
News

Kapolri Minta Pengawasan Warga dari Luar Negeri yang Masuk ke RI Diperketat

Jangan sampai ada yang lolos.

Rabu, 12 Mei 2021 14:33 WIB 12 Mei 2021, 14:33 WIB

INDOZONE.ID - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya untuk memperketat pengawasan masuknya warga dari luar negeri ke Indonesia. Hal itu disampaikan Kapolri usai meninjau larangan mudik di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang hari ini.

"Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Pak Kapolres. Di bandara ini ada dua tugas pokok yang rekan-rekan harus perhatikan dan laksanakan. Pertama, adalah bagaimana rekan-rekan mengawasi secara kuat terkait dengan masyarakat baik WNA atau WNI yang datang dari luar negeri," kata Jenderal Sigit di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (12/5/2021).

Fokus yang kedua disebut Sigit dirinya meminta jajarannya untuk memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) di Bandara tersebut. Prokes di Bandara Soetta disebutnya harus dijalankan dengan ketat.

Selanjutnya, Sigit meminta jajaranya teliti dalam hal pengecekan tes PCR terhadap warga dari luar negeri yang baru masuk ke Bandara Soetta. Pengecekan PCR atau virus corona ditegaskannya harus dilakukan secara berlapis.

"Saya minta untuk dilakukan lagi pengecekan ulang khususnya pada saat setelah diperiksa dengan menggunakan termo dan kemudian suhunya didapati tidak normal, segera laksanakan pemeriksaan antigen sehingga kemudian kita bisa laksanakan pemeriksaan lebih lanjut," beber Sigit.

Bandara, Covid-19, Mudik
apolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat tinjau pelarangan mudik di Bandara Seotta, Tangerang. (Foto: Dok Divisi Humas Mabes Polri)

BACA JUGA: Kapolri Pastikan Kebijakan Larangan Mudik untuk Lindungi Warga

Terpenting lagi, Jenderal Sigit mengingatkan terkait proses karantina bagi warga yang baru tiba di Bandara Soetta. Dia meminta jajaranya untuk memastikan warga yang tiba di Bandara Soetta melakukan karantina sesuai proses yang berlaku.

"Proses karantina tidak boleh ada yang lolos, jadi tolong ada petugasnya. Jadi pada saat mereka start di bandara dan sampai di hotel-hotel yang sudah ditentukan maka ada petugas yang di dalam," kata Sigit.

"Sehingga kemudian tolong diatur dengan baik. Kalau kekurangan anggota minta ke Polda Metro atau minta ke Mabes. Mulai dari alur kedatangan sampai hotel, sampai mereka keluar seluruh prokes sudah dilaksanakan dengan baik," pungkas Sigit.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US