The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mudah, Ternyata Begini Cara Petugas Membedakan Mana Kendaraan akan Mudik dan Bukan
Pemeriksaan warga di posko penyekatan mudik (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)
News

Mudah, Ternyata Begini Cara Petugas Membedakan Mana Kendaraan akan Mudik dan Bukan

Minggu, 09 Mei 2021 17:44 WIB 09 Mei 2021, 17:44 WIB

INDOZONE.ID - Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan masih banyak warga yang ngotot ingin mudik. Pada hari kedua penyekatan mudik 7 Mei, ada 29.339 kendaraan yang diputar balik.

Budi mengungkap bahwa sebenarnya cukup mudah membedakan mana warga yang bepergian dengan tujuan mudik, dan mana yang bukan.

"Untuk menyortir masyarakat yang mudik, secara kasat mata bisa terlihat. Misalnya mobil pribadi membawa barang muatan. Atau kendaraan minibus plat hitam kok KTP-nya beda-beda, itu pasti travel gelap," kata Dirjen Budi, dikutip dari Antara, Minggu (9/5/2021).

Yang jadi masalah adalah penyekatan sepeda motor di perbatasan Karawang.

"Jadi kalau motor itu berplat B atau T itu kita lebih memberikan toleransi, apalagi jika bisa menunjukkan surat keterangan dari tempatnya bekerja. Tapi kalau plat G, plat R, atau yang lain, atau terlihat membawa barang seperti tas ransel besar, terindikasi mudik, ya kita minta putar balik," ujar Dirjen Budi.

Soal potensi kemacetan di titik penyekatan mudik, Kemenhub telah berkoordinasi dengan kepolisian, agar memprioritaskan kendaraan yang telah menunjukkan dokumen persyaratan.

Namun, jika masih macet, polisi akan meloskan kendaraan alias melepas antrian untuk mengurai kemacetan.

"Namun jangan harap bisa lolos sampai tujuan, karena masih banyak check point yang harus dilewati, karena kan tidak hanya di KM 31 ini, tapi juga di Pejagan, di Kecipir, Brebes untuk jalan nasional, sampai Kalikangkung, jadi layernya sangat banyak," ujarnya.

Hal ini juga diutarakan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo. Jika macet, maka pemeriksaan akan dihentikan sementara untuk mengurai kemacetan.

"Toh bila di sini lolos, nanti di Palimanan, di Pejagan akan diperiksa. Kemudian kalau masuk ke kota pasti juga akan diperiksa," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US