The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kapolri Baru Akan Hidupkan Kembali PAM Swakarsa, Bagaimana Perekrutannya?
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah). (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)
News

Kapolri Baru Akan Hidupkan Kembali PAM Swakarsa, Bagaimana Perekrutannya?

Mabes Polri jelaskan maksud PAM Swakarsa

Jumat, 22 Januari 2021 22:01 WIB 22 Januari 2021, 22:01 WIB

INDOZONE.ID - Sosok Kapolri Baru yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo berencana bakal menghidupkan lagi PAM Swakarsa. Mabes Polri pun membeberkan mengenai PAM Swakarsa.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan menyebut PAM Swakarsa bertujuan untuk menjaga keamanan lingkungan. PAM Swakarsa disebutnya dibentuk atas keinginan sendiri.

"Terkait dengan pengamanan Swakarsa, kami sampaikan kepada rekan-rekan, pengamanan Swakarsa terbentuk atas kemauan dan kesadaran sendiri dari kepentingan masyarakat untuk kehadiran fungsi kepolisian agar lingkungannya aman," kata Kombes Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (22/1/2021)

BACA JUGA: Pengamat Kepolisian Singgung Konsep yang Dibawa Listyo Sigit sebagai Kapolri

Ramadhan menyebut konsep PAM Swakarsanya sendiri sudah diatur dalam UU nomor 2 tahun 2002 dan dituangkan dalam peraturan Kapolri dengan nomor 4 tahun 2020.

"Di dalam perkap tersebut diatur beberapa aspek yang pertama, satuan pengamanan atau satpam, satuan keamanan lingkungan atau satkamling hingga perizinan yang dikeluarkan oleh Polri," beber Ramadhan.

Lebih jauh Ramadhan mengatakan perekrutan PAM Swakarsa akan dilakukan dengan metode seleksi.

"Perekrutan PAM Swakarsa melalui badan usaha fokus pada pengamanan. Jadi akan dilakukan seleksi kemudian dilaporkan kepada binmas masing-masing polda dan dilanjutkan ke Mabes Polri," kata Ramadhan.

Sekedar informasi, calon tunggal Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo berencana bakal menghidupkan lagi PAM Swakarsa. PAM Swakarsa yaitu kelompok sipil yang akan dipersenjatai untuk mengamankan suatu tugas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US