Gelar Patroli Skala Besar di Jakarta, Ini 2 Cara Bertindak Petugas di Lapangan

- Rabu, 12 Mei 2021 | 19:57 WIB
Apel gelar pasukan patroli skala besar malam takbiran di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Apel gelar pasukan patroli skala besar malam takbiran di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta malam ini menggelar patroli skala besar dalam rangka menjaga keamanan malam takbiran. Ada dua cara bertindak petugas yang akan dilakukan.

"Ada dua cara bertindak yang akan kita laksanakan dan kita lakukan secara fleksibel sesuai dengan dinamika di lapangan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/5/2021).

Fokus patroli kali ini yakni takbiran keliling. Polisi akan melakukan filterisasi di sejumlah ruas jalan di Jakarta untuk meminimalisir adanya kegiatan takbiran keliling.

Cara bertindak pertama antara lain pada pukul 20.00 WIB, petugas akan melakukan filterisasi. Filterisasi itu bertujuan untuk menjaring masyarakat yang berpotensi hendak menggelar kegiatan takbiran keliling.

Baca Juga: 11.281 Personel Gabungan Siap Amankan Pelaksanaan Salat Id di Ribuan Masjid Jakarta Besok

"Pertama, pada pukul 18.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB, kita akan melaksanakan pola filterisasi kendaraan dimana apabila kita menemukan kendaraan yang hendak melaksanakan takbir keliling diberikan pengarahan, diberikan edukasi dan diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing," beber Fadil.

Selanjutnya, pada pukul 22.00 WIB, polisi dalan melakukan crowd free night. Crowd free night sendiri adalah malam bebas kendaraan.

"Strategi kedua adalah mulai pukul 22.00 WIB dengan menerapkan konsep crowd free night. Semua yang tidak ada kepentingan di jalan dan tidak dapat menunjukan alasan yang tepat dan dapat menimbulkan kerumunan, maka langsung ditindak untuk kembali ke rumah masing-masing," kata Fadil.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta malam ini melakukan patroli skala besar. Ada sebanyak 1.024 personel yang akan dikerahkan dalam patroli kali ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X