Hari Ini Bareskrim Periksa Ridwan Kamil Terkait Kerumunan Acara HRS

- Jumat, 20 November 2020 | 08:48 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar M Ridwan Kamil. (ANTARA/Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar M Ridwan Kamil. (ANTARA/Humas Pemprov Jabar)

Bareskrim Polri hari ini menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) terkait kasus kerumunan acara Habib Rizieq Shihab (HRS) di Megamendung, Bogor beberapa waktu yang lalu. RK sendiri rencananya akan memenuhi panggilan polisi.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono menyebut Ridwan Kamil sudah mengkonfirmasi kehadirannya hari ini. RK rencananya akan diperiksa pukul 10.00 WIB di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta.

"Sudah ada konfirmasi beliau mau datang dan kita sama-sama tunggu," kata Awi kepada wartawan, Jumat (20/11/2020)

Ridwan Kamil sejatinya akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi. Dia akan dicecar pertanyaan perihal protokol kesehatan di Jawa Barat salah satunya di wilayah Bogor.

"Beliau tentunya dipanggil kapasitasnya sebagai Gubernur Jawa Barat yang tahu persis karena dia yang mengeluarkan Pergub terkait penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Jawa Barat," ungkap Awi.

Seperti diketahui, Polri mulai bersikap tegas menindak pelanggar-pelanggar protokol kesehatan dalam hal kerumunan. Kasus terkini yang sedang dibidik Polri yakni kerumunan massa dalam acara pernikahan putri Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA: Panglima TNI Siapkan Pasukan Khusus Lawan Perusak Persatuan Indonesia

Sejumlah pihak dipanggil oleh Polda Metro Jaya dalam kasus itu mulai ketua RT, RW hingga Gubernur DKI Jakarta. Pemeriksaan terhadap mereka juga sudah berlangsung.

Terkini, Polri juga mulai membidik kerumunan massa saat Habib Rizieq singgah di sebuah pesantren di kawasan Megamendung, Bogor. Kala itu terjadi kerumunan massa dalam jumlah besar mulai dari kawasan Gadog.

Dalam kasus ini, Polri memanggil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk diperiksa. Polri juga memanggil pejabat-pejabat di daerah tersebut untuk ikut diperiksa.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X