TPU Kembali Dibuka, Wagub Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Prokes saat Berziarah

- Senin, 17 Mei 2021 | 12:29 WIB
TPU Pondok Ranggon. (INDOZONE)
TPU Pondok Ranggon. (INDOZONE)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai membuka tempat pemakaman umum (TPU) dan mengizinkan masyarakat untuk melakukan ziarah kubur. Hal ini usai adanya penutupan TPU pada 12-16 Mei lalu oleh Pemprov DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya sudah memperbolehkan masyarakat ibu kota berziarah ke TPU. Ini dilakukan setelah pihaknya melakukan rapat ihwal ziarah kubur oleh masyarakat ibu kota.

"Mulai hari ini silakan sampai hari-hari berikutnya bisa ziarah kubur," ujar Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021).

Namun, dia mewanti-wanti untuk masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan saat melakukan ziarah ke TPU. Seperti tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan hingga tidak boleh berkerumun.

"Kami minta tetap melaksanakan prokes, bergiliran, gantian, tidak kerumunan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan," tegasnya.

BACA JUGA: India Laporkan 281.386 Kasus Covid-19 Hari Ini, Totalnya Jadi 24,97 Juta

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang warganya melaksanakan ziarah kubur jelang hari raya Idulfitri 1442 Hijriah. Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Guna mengantisipasi terjadi kerumunan karena ziarah tersebut, Anies mengambil kebijakan dengan menutup tempat pemakaman umum (TPU) mulai 12 hingga 16 Mei 2021.

Kericuhan terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat pada Jumat (14/5/2021). Adapun kericuhan tersebut buntut dari masyarakat yang memaksa untuk melaksanakan ziarah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X