Bertemu Panglima Tentera Malaysia, Ini yang Dibahas Panglima TNI

- Jumat, 7 Februari 2020 | 15:02 WIB
Upacara penghormatan militer oleh Panglima TNI dan Panglima ATM. (Puspen TNI)
Upacara penghormatan militer oleh Panglima TNI dan Panglima ATM. (Puspen TNI)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Tentera Malaysia (ATM) YBhg. Jeneral (Jenderal) Tan Sri Dato' Sri Haji Affendi Bin Buang di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Dalam kesempatan ini, Panglima TNI bersama Panglima ATM membahas sejumlah kerjasama dan latihan kedua negara. Ini tidak lepas dari Jeneral Tan Sri Affendi yang baru dilantik sebagai Panglima ATM pada Januari 2020 lalu. 

"Kerja sama militer kedua negara sangat penting, mengingat kompleksitas tantangan yang dihadapi di kawasan ASEAN kian meningkat. Sekaligus, mempererat hubungan Indonesia-Malaysia," kata Panglima TNI. 

-
Panglima ATM mengisi buku tamu serta pesan dan kesan di Mabes TNI. (Puspen TNI)

 

Selain itu, pertemuan kali ini juga membahas hasil latihan gabungan bersama yang dilaksanakan tahun lalu, Latgabma Malindo Darsasa-10AB/2019 di Indonesia. Serta latihan serupa tahun 2021 mendatang yang akan digelar di Malaysia

Fokus dari latihan gabungan bersama tersebut adalah penanggulangan aksi terorisme, baik yang melalui wahana darat, perairan maupun darat.

"Program militer kedua negara masih dan akan terus dilanjutkan, khususnya di bidang pendidikan, seperti pilot and instructor training yang sudah memasuki angkatan kedua. Dan pendidikan setingkat Sesko, Sesko TNI serta Lemhanas," tandas Panglima TNI.

-
Panglima TNI bersama Panglima ATM. (Puspen TNI)

 

Untuk diketahui, Jeneral Tan Sri Dato' Sri Haji Affendi Bin Buang dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memiliki kesamaan karir.

Keduanya berasal dari Korps Penerbang Angkatan Udara, serta menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara masing-masing negara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X