The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cegah Penyebaran Mutasi Covid-19, Begini Arahan Menko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Cegah Penyebaran Mutasi Covid-19, Begini Arahan Menko PMK

Genome squencing.

Rabu, 19 Mei 2021 13:54 WIB 19 Mei 2021, 13:54 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy  mendorong agar pihak terkait dapat mendeteksi adanya varian baru dari Covid-19.

 Hal ini usai adanya Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kepulauan Riau (Kepri) yakni sebanyak 170 orang yang dinyatakan positif Covid-19 

"Inilah pentingnya dilakukan genome sequencing. Mereka yang dari luar negeri harus kita antisipasi karena fokus kita ke pencegahan varian baru seperti ada dari Afrika, Inggris, ataupun India," ungkap Muhadjir dalam keterangannya, Rabu (19/5/2021).

Karena itu Muhadjir pun memberikan beberapa catatan yang perlu diperhatikan terutama di Pulau Sumatera. Dia pun meminta agar genome sequencing dapat segera dilakukan.

Baca Juga: KPK Diminta Tindaklanjuti Dugaan Korupsi Bansos Covid Rp100 Triliun

“Untuk Kepri ini perlu dilakukan tindak lanjut karena PMI yang datang kebanyakan memang dari Malaysia dan di sana (Malaysia) banyak ditemukan varian baru. Jadi saya minta kita harus lakukan genome sequencing supaya kita tahu apakah yang di Kepri itu varian baru atau bukan,” urai Muhadjir.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut menyampaikan, pihaknya akan memenuhi kekurangan alat tes cepat antigen dan swab di beberapa daerah di Pulau Sumatera, terutama Sumut dan Jambi. Sedangkan untuk kasus PMI yang masuk seperti melalui Kepri juga akan ditindaklanjut.

Kendati demikian, ia berharap masyarakat tetap patuh menjalankan protokol kesehatan terutama memakai masker yang diyakini mampu mengurangi penularan Covid-19 hingga 95%.  Yang paling penting, kata dia, semua aparat harus diyakinkan untuk melaksanakan dan melaporkan hasil 3T secara transparan.

"Orang-orang yang masuk dari Malaysia yang positif langsung dilakukan genome sequencing saja. Saya sudah instruksikan itu ke Litbangkes bahwa semua yang positif itu supaya terus kita pantau," ungkap Budi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US