Gadis 15 Tahun Meninggal Setelah Disambar Petir saat Berenang di Pantai

- Selasa, 15 Juni 2021 | 10:04 WIB
Ilustrasi pantai. (Pexels/Fabian Wiktor)
Ilustrasi pantai. (Pexels/Fabian Wiktor)

Remaja berusia 15 tahun meninggal setelah disambar petir saat berenang di pantai Georgia di AS. Ia meninggal di rumah sakit pada pukul 14:30 hari Sabtu (12/6/2021).

Petugas pemadam kebakaran dan penjaga pantai melakukan CPR pada gadis yang berkunjung bersama keluarganya dari Alabama, dikutip dari Daily Mail.

"Seringkali perenang dan pengunjung pantai menikmati momen itu dan ketika badai muncul tiba-tiba, hal yang tidak terpikirkan dapat terjadi," kata Walikota Pulau Tybee Shirley Sessions dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Daily Star.

Seorang saksi, Riley Smith, menulis di Facebook: "Melihat semuanya terungkap di depan mercusuar pizza utara.

Sekitar 49 orang tewas dan ratusan lainnya terluka oleh petir setiap tahun di AS, menurut National Weather Service.

-
Ilustrasi petir. (Freepik)

Studi memperkirakan ada sekitar 50 sambaran petir per detik di seluruh Bumi. Satu dari lima diperkirakan menghantam tanah.

"Petir sering terjadi di seluruh dunia dengan perkiraan 50 kejadian per detik dan 20% di antaranya mengakibatkan serangan darat," kata peneliti AS menulis di StatPearls.

“Tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti, tetapi diperkirakan di seluruh dunia ada sekitar 24.000 kematian dengan sepuluh kali lebih banyak cedera setiap tahunnya karena sambaran petir," sambungnya.

"Sebagian besar insiden ini dapat dihindari. Penting bahwa dokter memiliki pemahaman yang baik tentang cedera yang dapat terjadi dan perawatan yang tepat untuk cedera terkait petir," kata penelitian itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X