The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lima Warga Palestina Ditembak Mati dalam Baku Tembak dengan Pasukan Israel di Tepi Barat
Pemakaman warga Palestina yang dibunuh pasukan Israel. (REUTERS/Mohamad Torokman)
News

Lima Warga Palestina Ditembak Mati dalam Baku Tembak dengan Pasukan Israel di Tepi Barat

Senin, 27 September 2021 11:36 WIB 27 September 2021, 11:36 WIB

INDOZONE.ID - Lima warga Palestina tewas akibat baku tembak ketika pasukan Israel melakukan serangkaian serangan terhadap tersangka militan Hamas di Tepi Barat.

Pertempuran pada hari Minggu (26/9/2021) merupakan kekerasan paling mematikan antara pasukan Israel dan militan Palestina di Tepi Barat dalam beberapa minggu.

Wilayah tersebut telah mengalami peningkatan pertempuran dalam beberapa bulan terakhir. Ketegangan dipicu oleh pembangunan pemukiman Israel, aktivitas militan yang meningkat di Tepi Barat utara serta perang antara Israel dan militan Hamas di Jalur Gaza pada bulan Mei.

Dilansir Guardian, militer Israel mengatakan telah melacak gerilyawan Hamas selama beberapa minggu dan serangan itu diluncurkan sebagai tanggapan atas ancaman langsung.

Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett mengatakan para militan akan melakukan serangan secara real time. Dia juga memuji pasukan Israel karena bertindak seperti yang dia harapkan.

Baca juga: Kritik Indonesia soal Konflik di Gaza, Israel: Pemimpin Kalian Tak Jujur

Militer mengatakan pihaknya meluncurkan lima serangan serentak dan tentara melepaskan tembakan setelah ditembak di dua lokasi. Akibatnya, lima gerilyawan tewas dan beberapa lainnya ditangkap.

Mereka juga mengatakan seorang perwira dan tentara terluka parah.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan dua warga Palestina ditembak mati di dekat kota Jenin di Tepi Barat utara dan tiga lainnya tewas di Biddu, utara Yerusalem.

Hamas membenarkan bahwa empat orang tewas, termasuk ketiganya yang tewas di Biddu merupakan anggota kelompok militan Islam. Pejabat Palestina mengatakan bahwa seorang anak laki-laki berusia 16 tahun juga termasuk yang tewas.

Otoritas Palestina yang mengelola daerah semi-otonom di Tepi Barat, mengutuk pembunuhan itu dan mengatakan pemerintah Israel bertanggung jawab atas kejahatan yang dilakukan penduduknya.

Namun Hamas juga mengkritik Otoritas Palestina, yang menjaga koordinasi keamanan dengan Israel dalam perjuangan bersama melawan kelompok Islam tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US