Joe Biden Resmi Dilantik Jadi Presiden Amerika Serikat, Ini Harapan Puan Maharani

- Kamis, 21 Januari 2021 | 12:02 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Dok. DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Dok. DPR RI)

Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) yang ke-46 usai mengucap sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts.

Terkait hal itu, Ketua DPR RI Puan Maharani berharap agar Joe Biden sebagai presiden baru Amerika dapat membawa dampak positif bagi penanganan pandemi Covid-19 di seluruh dunia. Puan menekankan, dunia perlu bersatu dalam menghadapi Covid-19.

“Dunia perlu bersatu dalam mengatasi Covid-19, langkah sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi akan sebabkan virus lebih cepat menyebar ke berbagai tempat dan tidak terkendali,” ujar Puan, Kamis (21/1/2021).

Ia menegaskan saat ini vaksin sudah mulai tersedia, selanjutnya perlu dipikirkan akses vaksin bagi semua negara di dunia (vaccines for all) tanpa melihat perbedaan negara, bangsa, suku, ras, dan lainnya.

Bahkan, lanjut Puan, Amerika Serikat dianggap perlu berkoordinasi dengan negara-negara ekonomi utama untuk mempercepat pemulihan ekonomi global yang terdampak pandemi Covid-19.

“Koordinasi bersama dalam upaya global ini diperlukan untuk membangun dunia yang lebih baik pasca Covid-19. Hal ini untuk mewujudkan pembangunan berkualitas sehingga menurunkan kemiskinan dan ketimpangan, serta melakukan green recovery,” tegas dia.

Tak sampai disitu, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyebut Amerika Serikat harus berperan dalam menjaga suasana kondusif untuk mencapai stabilitas dan perdamaian global.

“Stabilitas di Asia Timur termasuk Laut China Selatan perlu dijaga berdasarkan kepatuhan terhadap hukum internasional. Selain itu, dukungan positif AS bagi solusi Palestina juga diperlukan untuk membantu Palestina mencapai kemerdekaannya secara penuh,” imbuh Puan.

Kemudian sebagai negara yang sama-sama menjunjung demokrasi, rule of law, dan hak asasi manusia, Puan menginginkan kerja sama Indonesia-AS baik antar pemerintah maupun di antara warga kedua negara dapat terus dikembangkan.

“Tentunya kerja sama yang membawa manfaat konkret bagi rakyatkedua negara,” tandas Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X