Ada Masyarakat yang Mudik Sebelum Penyekatan, Anggota Komisi IX: Harus Isolasi Mandiri

- Jumat, 7 Mei 2021 | 09:34 WIB
Penyekatan mudik di Karawang (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)
Penyekatan mudik di Karawang (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Sudah banyak masyarakat yang nekat mudik lebaran meskipun pemerintah telah melarangnya. Mereka tetap jalan sebelum adanya pelarangan sejak 6-17 Mei 2021.

Anggota Komisi IX DPR RI, Muchamad Nabil Haroen mengatakan, pemerintah harus mengambil langkah bagi mereka yang sudah mudik ke kampung halaman guna mencegah penyebaran Covid-19.

Misalnya membuat aturan bagi mereka yang sudah datang sebelum jadwal pelarangan harus melakukan isolasi mandiri di penginapan sebelum bertemu sanak saudara.

“Misal, yang kebetulan susah mudik terlebih dahulu sebelum jadwal pelarangan, dengan isolasi dulu di penginapan/hotel, sebelum masuk ke kampung halaman,” kata Nabil kepada Indozone, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Ayah Letda Rhesa Sigar yang Gugur di KRI Nanggala 402 Juga Gugur di Timor-Timur

Dijelaskan Nabil, seluruh stakeholder terkait haruslah berkoordinasi guna mengatur penyebaran virus Corona. Diharapkan cara itu menurut Nabil bisa efektif dilakukan.

“Nah, apakah efektif atau tepat? Memang harus fokus untuk mengawal kebijakan, agar tepat sasaran. Di antaranya, harus terpublikasi secara baik, agar warga tidak bingung,” tuturnya.

Di sisi lain, politikus PDIP ini mengingatkan pemerintah juga harus bisa mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran.

“Nah, untuk antisipasi pasca lebaran, harus dimonitor seksama, serta mengawal tenaga kesehatan dan rumah sakit agar tidak kolaps. Kita berusaha bersama agar situasi membaik, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X