KPK Kabarnya OTT Kader Partai NasDem, Ini Respons Johnny G Plate

- Senin, 30 Agustus 2021 | 10:47 WIB
Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate. (ANTARA/Syaiful Hakim)
Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate. (ANTARA/Syaiful Hakim)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan dua pejabat dalam operasi tangkap tangan (OTT) di daerah Probolinggo, Jawa Timur. Dikabarkan pejabat yang diamanakan adalah Bupati Probolinggo yaitu PTS dan Anggota DPR dari Partai NasDem HA.

Terkait hal tersebut, Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengaku baru mendegar kabar kadernya di OTT oleh KPK dari media. Dia menekankan pihaknya sangat prihatin usai adanya dugaan kadernya yakni HA ditangkap tangan oleh KPK.

"Saya baru mendengar dari media dan belum bisa berbicara langsung dengan yang bersangkutan. Kami tentu prihatin dan meyakini pelaksanaan penegakan hukum yang adil sesuai ketentuan perundangan yang berlaku," kata Johnny kepada Indozone melalui pesan singkat, Senin (30/8/2021).

Baca Juga: KPK Benarkan OTT, Bupati Probolinggo dan Anggota DPR Dikabarkan Ditangkap

Dia berujar Partai NasDem sudah memiliki prosedur internal terkait kadernya yang terlilit kasus hukum. Di mana prosedur tersebut semisalnya mengundurkan diri sebagai anggota dan dari jabatannya.

"Dengan tetap mengacu pada presumption of innocence yang merupakan hak setiap warga negara,Partai Nasdem sudah mempunyai prosedur baku yang tegas dan ketat terkait dengan OTT atau Tindakan Penegakan Hukum terhadap kader dan politisi Nasdem yang terkena masalah seperti misalanya segera mengajukan pengunduran diri sebagai anggota dan berhenti dari semua jabatan partai," tutur dia.

"Dan kebijakan tersebut dilaksanakan secara konsisten, para kader mengetahuinya dengan baik," tambahnya.

Sebelumnya diketahui Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Jawa Timur. Dalam operasi tersebut KPK dikabarkan mengamankan dua pejabat yang merupakan pasangan suami istri (pasutri) di daerah Probolinggo, Jawa Timur.

Terkait hal tersebut, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan bilamana pihaknya melakukan tangkap tangan di wilayah Jawa Timur. Namun dia tak merinci secara detail siapa sosok yang diamankan oleh lembaga antirasuah.

"Benar, informasi yang kami terima, tim KPK melakukan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sebagai pelaku tindak pidana korupsi di wilayah Jawa Timur," kata Ali kepada wartawan, Senin (30/8/2021).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pihak yang diamankan KPK dalam OTT adalah Bupati Probolinggo PTS dan suaminya yang juga anggota DPR yakni HA. Keduanya diamankan karena diduga telah menerima suap perihal jual-beli jabatan.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X