Usai Diprotes Netizen, Presiden Jokowi Hari Ini ke Kalsel untuk Cek Penanganan Banjir

- Senin, 18 Januari 2021 | 10:27 WIB
Kiri: Warga terdampak banjir di Banjarmasin (ANTARA/Syamsuddin Hasan) / Kanan: Presiden Jokowi (Instagram/jokowi)
Kiri: Warga terdampak banjir di Banjarmasin (ANTARA/Syamsuddin Hasan) / Kanan: Presiden Jokowi (Instagram/jokowi)

Presiden Jokowi akan pergi ke Kalimantan Selatan pada hari ini, Senin (18/1/2021) untuk meninjau penanganan banjir yang melanda daerah tersebut beberapa hari terakhir.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan kunjungan kerja Jokowi tersebut. Jokowi hendak memastikan penanganan bencana berjalan lancar.

"Iya betul (hari ini) take off. Agar sarana yang terkena dampak, agar PU (Kementerian PUPR) bisa segera tindak lanjut," kata Heru.

Jokowi juga hendak memastikan bahwa masyarakat benar-benar menerima bantuan yang disalurkan oleh pemerintah. Selain itu, Jokowi juga ingin mengetahui apa saja yang saat ini dibutuhkan oleh warga terdampak banjir Kalsel.

"Kebutuhan lain yang diperlukan warga, bapak Presiden akan memperhatikan," kata Heru.

Sementara itu, BNPB melaporkan bahwa bencana banjir di Kalimantan Selatan menyebabkan 15 orang meninggal dan 39.549 warga terpaksa mengungsi.

Jokowi juga mengaku telah berkomunikasi dengan Gubernur Kalsel untuk mendengarkan paparan soal banjir.

"Saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI, dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirim bantuan seperti perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di daerah itu," jelas Jokowi.

Sebelumnya, netizen ramai-ramai melakukan protes terhadap Presiden Jokowi karena dinilai tidak memperhatikan banjir yang merendam Kalimantan Selatan.

Ini bermula dari unggahan Jokowi di Instagram yang memperlihatkan keprihatinan pemerintah terkait bencana alam gempa di Majene dan longsor di Sumedang.

Karena banjir di Kalimantan Selatan tidak disebutkan, netizen pun ramai-ramai menggeruduk kolom komentar dengan kata-kata bernada kekecewaaan. Tagar #KalselJugaIndonesia sempat bergema di Twitter buntut hal ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X