Anak Presiden Jokowi Mulai Kampanye, Pilih Blusukan Secara Online, Ini Alasan Gibran

- Minggu, 27 September 2020 | 20:43 WIB
Sejumlah warga saat melakukan dialog dengan Calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka secara daring dalam kegiatan blusukan online masa kampanye Pilkada Surakarta 2020, di Kampung Dawung Kecamatan Serengan Solo, Minggu (27/9/2020). (ANTARA/HO istim
Sejumlah warga saat melakukan dialog dengan Calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka secara daring dalam kegiatan blusukan online masa kampanye Pilkada Surakarta 2020, di Kampung Dawung Kecamatan Serengan Solo, Minggu (27/9/2020). (ANTARA/HO istim

Calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melakukan blusukan online melalui 'live streaming facebook' pada tahapan kampanye Pilkada 2020, di Kampung Dawung Kecamatan Serengan Solo, Minggu (27/9/2020) sore.

Cara ini ditempuh putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut agar tetap bisa melakukan kampanye tanpa melanggar ketentuan dari Bawaslu dan tetap menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19.

Gibran tampak mencatat beberapa keluhan atau aspirasi masyarakat, serta memberi masukan-masukan saat berdialog dari satu rumah ke rumah lainnya.

Menurut Gibran, kegiatan blusukan online tersebut masih sama seperti yang dilakukan dia sebelumnya. 

Melalui blusukan online tersebut, interaksi dengan warga bisa berjalan dengan baik namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Saya catat keluhan-keluhan warga, dan di lokasi ada tim saya yang mencatat kemudian biasanya kami foto e-KTP warga yang menyalurkan keluhan, kemudian saya tindaklanjuti," kata Gibran dilansir dari ANTARA.

Gibran mengatakan, dirinya akan menambah alat 'virtual box campaign', sehingga dalam satu hari bisa menyapa warga di beberapa lokasi.

"Kegiatan ini, kami adaptasi duhulu, rencana alatnya mau ditambah, biar bisa dipakai Pak Teguh juga (calon Wakil Wali Kota Surakarta)," kata Gibran.

Menurut Gibran, dia berkomitmen tidak melanggar aturan dari KPU Kota Surakarta yang melarang pengumpulan massa dan membatasi maksimal hanya 50 orang dengan protokol kesehatan.

Gibran juga berharap semoga silaturahmi dengan warga tetap terjaga, sehat, tidak berkerumun, dan menaati protokol kesehatan.

"Saya selalu menaati protokol kesehatan, saya dengan dengan Pak Teguh selalu menaati protokol kesehatan blusukan online yang kami dorong untuk mengurangi pengumpulan massa," kata Gibran.

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, dengan nomor urut 1 maju sebagai kontestan Pilkada Surakarta 2020 diusung oleh PDI Perjuangan dan sejumlah partai. 

Sedangkan, kontestan lainnya paslon Bagyo Wahyono dan F.X. Supardjo (Bajo), nomor urut 2 yang maju melalui jalur perseorangan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X