Ditemukan Wabah Jamur Hitam Mematikan di India yang Dapat Meningkatkan Angka Kematian

- Sabtu, 8 Mei 2021 | 09:08 WIB
Kematian korban Covid-19 di India (REUTERS/Navesh Chitrakar)
Kematian korban Covid-19 di India (REUTERS/Navesh Chitrakar)

Wabah jamur hitam mematikan yang membusuk anggota tubuh pasien Covid-19 meningkatkan kematian telah terdeteksi di Delhi.

Dokter di negara tersebut mengatakan pasien yang tertular infeksi mematikan hanya memiliki tingkat kelangsungan hidup 50 persen.

Infeksi ini dikenal sebagai mukormikosis, yang mengakibatkan hilangnya penglihatan dan beberapa pasien harus menjalani pengangkatan tulang hidung dan rahang.

Rumah sakit di Delhi melihat lebih banyak kasus jamur hitam karena meningkatnya jumlah pasien Covid-19.

Dikutip dari The  Sun, Dr Manish Munjal, ahli bedah senior THT di Rumah Sakit Sir Ganga Ram mengatakan kepada The Independent bahwa mereka melihat peningkatan lagi dalam infeksi jamur berbahaya yang dipicu oleh Covid-19.

Dokter di Delhi, pusat penyebaran Covid di India, mengatakan peningkatan pasien Covid yang jatuh sakit dengan jamur hitam ditandai tahun lalu ketika 12 kasus terlihat hanya dalam 15 hari.

Ada enam kasus mukormikosis dalam dua hari terakhir di Rumah Sakit Sir Ganga Ram dan kasus dilaporkan di rumah sakit lain.

Infeksi ini mempengaruhi otak, sinus atau mata, tapi dapat ditemukan di mana saja di tubuh.

Jamur menyerang individu dengan sistem kekebalan rendah atau penurunan kadar gula darah, menurut Dr Gaurav Kumar, seorang dokter residen di Rumah Sakit Ram Manohar Lohia.

Biasanya tidak menimbulkan ancaman serius terhadap paten dengan sistem kekebalan yang sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X