Osimin Wenda, KKB Penyerang Tito Karnavian Ternyata Sempat Kabur dari Lapas

- Jumat, 23 Juli 2021 | 21:08 WIB
Osimin Wenda, KKB penyerang eks Kapolda Papua Tito Karnavian (Dok Humas Polda Papua.)
Osimin Wenda, KKB penyerang eks Kapolda Papua Tito Karnavian (Dok Humas Polda Papua.)

Polda Papua membeberkan fakta di balik kasus-kasus anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Osimin Wenda yang diketahui pernah menyerang eks Kapolda Papua Tito Karnavian. Usut punya usut, ternyata Osimin sempat kabur dari lembaga pemasyarakatan (lapas).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. Kombes Kamal menyebut pelaku sempat divonis namun melarikan diri dari lapas.

Baca Juga: Kronologi Penangkapan Osimin Wenda, KKB Penyerang Tito Karnavian

"Dari hasil pemeriksaan awal diketahui bahwa pelaku mendapatkan vonis seumur hidup dari hakim tahun 2014 dan kemudian kabur dari Lapas Abepura tahun 2018," kata Kombes Kamal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (23/7/2021).

Setelah kabur dari lapas, pelaku juga kembali melakukan aksi kriminal. Osimin diketahui berulang kali melakukan pencegatan mobil truk.

"Aktivitas pelaku diketahui sering kali melakukan pemalakan terhadap para sopir truk yang melintas di Jalan baru menuju Philia," beber Kamal.

Tak sampai di situ, dia bersama KKB melakukan rangkaian aksi teror penembakan. Osimin juga sempat ikut terlibat aksi baku tembak dengan aparat.

"Pada tahun 2018 terlibat dalam penembakan tukang ojek atas nama Yanmar di Kampung Popome, Kabupaten Lanny Jaya dan terlibat kontak tembak dengan personel gabungan di Kampung Popome," pungkas Kamal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X