The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dino Patti Djalal Minta Nama Anggota DPR yang Usul Presiden Dipilih MPR Diungkap ke Publik
Dino Patti Djalal. (Instagram/@dinopattidjalal)
News

Dino Patti Djalal Minta Nama Anggota DPR yang Usul Presiden Dipilih MPR Diungkap ke Publik

Senin, 21 Juni 2021 16:52 WIB 21 Juni 2021, 16:52 WIB

INDOZONE.ID - Dino Patti Djalal memberikan tanggapannya terkait isu pemilihan presiden akan dikembalikan kepada MPR atau tidak lagi dipilih rakyat pada tahun 2024 mendatang.

Sebelumnya, Direktur lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Ade Armando mengatakan bahwa saat ini ada pihak yang ingin pemilihan presiden dikembalikan ke MPR.

Eks Menteri Luar Negeri tersebut ingin nama-nama anggota DPR yang mengusulkan pemilihan tidak lagi dipilih rakyat tersebut diungkapkan ke publik.

"Anggota-anggota DPR yang kini aktif usulkan agar Presiden 2024 TIDAK LAGI DIPILIH langsung oleh RAKYAT tapi kembali dipilih MPR seperti zaman Orde Baru seharusnya diketahui publik nama-namanya," kata Dino melalui akun Instagram-nya, Senin (21/6/2021).

Dino menilai bahwa itu adalah ide yang memprihatinkan. Jika presiden dipilih oleh MPR, kata Dino, maka Indonesia akan dipenuhi dengan politik uang dan kebebasan demokrasi terengut.

"Saya yakin para anggota DPR ini TIDAK mewakili pandangan konstituen mereka dlm usulkan ide parah itu. Pemilihan Presiden oleh MPR (bukan lagi oleh rakyat) pasti akan kembalikan politik uang & politik transaksional dlm demokrasi, apalagi dgn maraknya kasus korupsi di DPR," kata Dino.

"Dalam situasi seperti ini, Presiden 2024 bukan lagi milik rakyat, tapi milik sponsor. Demokrasi akan jadi elitis. Tidak ada yang percaya pemilihan Presiden oleh MPR nantinya akan bebas rekayasa, kolusi & korupsi. Kedaulatan tidak lagi di tangan rakyat, tapi dikuasai elit," sambungnya.

Ke depannya, jika sudah mengetahui siapa-siapa saja sosok yang mengusulkan hal tersebut, masyarakat perlu 'menandainya' agar di kemudian hari mereka tidak salah pilih.

"Karenanya, nama2 anggota DPR ini perlu diketahui publik agar konstituennya tidak lagi memilih mereka utk masa jabatan selanjutnya. Ironis kalau ada anggota DPR yg justru renggut & rusak demokrasi dari anak2 kita yg akan mewarisi ke depan," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US