Hari Ini Puan Maharani Cek RS Darurat Lapangan di Surabaya

- Kamis, 8 Juli 2021 | 09:13 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA/DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA/DPR RI)

Ketua DPR RI Puan Maharani bakal meninjau Rumah Sakit Darurat Lapangan Tembak Kedung Cowek, di Surabaya, Jawa Timur, hari ini Kamis (8/7/2021). Rumah sakit Darurat tersebut didirikan Pemerintah Kota Surabaya untuk menambah ruang perawatan pasien Covid-19.

“Harus ada terobosan untuk menangani kondisi darurat ini. Kita pasti bisa, dan harus bisa melalui masa sulit ini bersama-sama,” kata Puan dalam keterangannya, Kamis (8/7/2021).

Rumah Sakit Darurat Lapangan Tembak Kedung Cowek itu dapat menampung 500 pasien Covid-19 yang mengalami gejala ringan. Tenaga kesehatan dan fasilitas pendukung kebutuhan medis sudah dipersiapkan di rumah sakit tersebut.

Baca Juga: Puan Maharani Minta RAPBN Tahun 2022 Bisa Pulihkan Ekonomi dan Sosial Akibat Pandemi

Puan menekankan Rumah Sakit Darurat harus disiapkan pemerintah untum menampung adanya lonjakan pasien Covid-19 di Tanah Air. Namun  Rumah Sakit Darurat tersebut harus sesuai dengan standar dan kelayakan tempat perawatan

“Rumah-rumah sakit darurat harus disiapkan untuk menampung lonjakan pasien Covid-19, dengan tetap memenuhi standar dan kelayakan sebagai tempat perawatan,” tutur Puan.

Selain meninjau Rumah Sakit Darurat Lapangan Tembak Kedung Cowek, Puan juga akan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Surabaya.

Vaksinasi itu dimulai pada 6-11 Juli 2021 dengan target 20.000 orang per hari dan melibatkan 1.109 petugas vaksinasi dengan 836 tenaga kesehatan. Hingga 7 Juli 2021, tercatat sudah 24.895 orang menerima vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Surabaya tersebut.

Setelah meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Puan dan anggota DPR RI yang mendampinginya akan mendengar paparan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengenai penanganan pandemi Covid-19 di Jawa Timur.

Dalam kunjungan kerjanya hari ini, Puan didampingi Ketua Badan Anggaran DPR RI MH Said Abdullah, Wakil Ketua Komisi IX Charles Honoris, Wakil Ketua Komisi VIII Diah Pitaloka, dan Wakil Ketua Komisi XI Dolfie O.F.P.

Sebelumnya Puan sempat mendorong pemerintah agar  pemerintah membuat terobosan dengan membangun rumah sakit darurat untuk menangani lonjakan pasien Covid-19

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu menuturkan, dalam situasi darurat seperti saat ini, dapat dipertimbangkan menambah kapasitas rumah sakit dengan cara mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut atau KRI DR Suharso dan kapal-kapal Pelni yang dapat dimodifikasi menjadi kapal rumah sakit.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X