Anies Baswedan Mau Tambah 101 km Jalur Sepeda di Jakarta Tahun Ini

- Kamis, 3 Juni 2021 | 13:45 WIB
Anies sampai di Balai Kota usai naik sepeda bareng dubes dan komunitas sepeda (Sarah/INDOZONE).
Anies sampai di Balai Kota usai naik sepeda bareng dubes dan komunitas sepeda (Sarah/INDOZONE).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana akan menambah panjang jalur sepeda di Ibu Kota. Ia menyebutkan target pada tahun ini adalah membangun 101 kilometer jalur sepeda.

Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah membangun 63 kilometer jalur sepeda dan apabila rencana penambahan tersebut terwujud, maka Anies berharap terdapat kurang lebih 170 kilometer jalur sepeda pada tahun ini.

"Jalur sepeda total saat ini adalah 63 km lalu tambahan tahun ini ada 101 km jadi harapannya akhir tahun kita punya 170 km jalur sepeda," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Tak hanya itu, ia pun meminta agar kantong parkir sepeda di gedung-gedung juga ditambah. Hal tersebut demi mendorong masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.

"Kemudian gedung-gedung memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat parkir sepeda minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia khusus untuk sepeda," paparnya.

Baca Juga: Road Bike Diizinkan ke Luar Jalur Sepeda, Anies: Jalan Bukan Milik Satu Jenis Kendaraan

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya masih melakukan pengkajian mengenai rencana penambahan jalur sepeda tersebut.

"Pembahasan bersama secara stakeholder yang kemudian dipilih lintasan yang prinsipnya terintegrasi dengan jalur sepeda yang sudah ada," terang Syafrin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X