Diduga Cagar Budaya, Anies Baswedan akan Renovasi Gereja Santo Yohanes Penginjil

- Jumat, 21 Mei 2021 | 15:33 WIB
 Anies Baswedan akan Renovasi Gereja Santo Yohanes Penginjil di Melawai, Jaksel. (Dok. Pemprov DKI)
Anies Baswedan akan Renovasi Gereja Santo Yohanes Penginjil di Melawai, Jaksel. (Dok. Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melakukan renovasi dan pemugaran di Gereja Santo Yohanes Penginjil, kawasan Melawai, Jakarta Selatan. Rencananya, pembangunan itu akan dimulai pada bulan Juni 2021.

Renovasi tersebut telah tertuang dalam Surat Rekomendasi Pemugaran No. 2477/-1.853.15 tertanggal 18 Mei 2021 kepada pihak Gereja Santo Yohanes Penginjil yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

“Gereja Santo Yohanes Penginjil saat ini berstatus Objek Diduga Cagar Budaya, di mana proses pengkajian oleh Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta sudah selesai dan saat ini sedang dalam proses penetapan sebagai Bangunan Cagar Budaya,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, Jumat (21/5/2021).

Iwan menyampaikan, penerbitan surat rekomendasi pemugaran merupakan bagian dari upaya perlindungan bagi bangunan cagar budaya, diduga cagar budaya, ataupun bangunan yang berada di kawasan Pemugaran agar kelestariannya dapat senantiasa terjaga.

Baca Juga: Ngeri! Ribuan Tikus Ditangkap saat Wabah Hewan Pengerat Melanda Australia

Hal itu sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 9 Tahun 1999 tentang Pelestarian dan Pemanfaatan Lingkungan dan Bangunan Cagar Budaya. Untuk itu, proses pemugaran harus didampingi arsitek yang memegang IPTB A.

Ia menjelaskan bahwa nantinya pemugaran bangunan Gereja Santo Yohanes Penginjil tersebut ditangani oleh Arch. Dipl. Ing. Cosmas Damianus Gozali, IAI.

“Dinas Kebudayaan DKI Jakarta mengapresiasi Gereja Santo Yohanes Penginjil yang telah berupaya melakukan pemugaran dengan tetap menjaga prinsip-prinsip pelestarian. Karena, gereja ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan erat kaitannya dengan perkembangan Kota Jakarta,” terangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X