The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gun Romli Tuding Aa Gym Lecehkan Perempuan Sebut Teh Ninih, Istrinya 7 Kali 'Turun Mesin'
Aa Gym dapat kritikan tajam dari publik sebut istrinya 7 kali 'turun mesin'. (Istimewa/FB)
News

Gun Romli Tuding Aa Gym Lecehkan Perempuan Sebut Teh Ninih, Istrinya 7 Kali 'Turun Mesin'

Selasa, 08 Juni 2021 17:39 WIB 08 Juni 2021, 17:39 WIB

INDOZONE.ID - Dai kondang Abdullah Gymnastiar atau yang karib disapa dengan Aa Gym mendapat sorotan tajam setelah menyebut istri pertamanya, Teh Ninih sudah tujuh kali 'turun mesin'.

Kritik disampaikan oleh aktivis Mohamad Guntur Romli yang menilai Aa Gym sudah melecehkan perempuan dengan menyebut istrinya melahirkan dengan istilah 'turun mesin'. 

"Perempuan melahirkan dalam Islam disebut Jihad, yg meninggal disebut Syahid. Aa Gym melecehkan dgn menyebut "turun mesin"," kata Guntur Romli seperti yang dikutip Indozone dari akun Instagramnya, Selasa (8/6/2021).

Penggunaan istilah 'turun mesin' untuk perempuan itu kata Guntur Romli bisa dimaknai dengan mesin yang sudah rusak.

"Pelecehan Aa Gym itu ada 2, pertama pada proses melahirkan yg dia sebut "turun mesin", kedua pada perempuan yg dia samakan dgn mesin yg rusak. Karena hanya mesin yg rusak yang harus turun mesin," katanya.

Sebelumnya kalimat 'turun mesin' itu keluar saat Aa Gym membalas tudingan kalau dirinya telah berlaku zalim terhadap sang istri Ninih Muthmainnah alias Teh Ninih.

Tudingan itu dibongkar oleh puteranya Muhammad Ghaza Al Ghozali. Bukannya memperbaiki keadaan, Aa Gym malah banjir kecaman.

"(Ada yang bilang) ‘Aa zalim kepada istri’. Saya tanya, ‘Siapa yang lebih mencintai istri saya selain saya suaminya?'" kata Aa Gym.

Namun mirisnya, sebelum mengatakan demikian, Aa Gym melontarkan kalimat patriarkis dengan mengibaratkan Teh Ninih seperti kendaraan, ketika ditanya alasan mengapa menikah lagi. 

"Ada yang tanya, 'A, kenapa Aa nikah lagi?' Ini adalah istriku yang sudah 19 tahun mendampingi saya. Sudah 7 kali 'turun mesin'" katanya.

Tak ayal, ucapan Aa Gym tersebut menuai kecaman dari sejumlah netizen.

"Istilah turun mesin itu lazim digunakan masyarakat patriarkis di generasi Aa Gym ke atas (lbh tua) utk melabel perempuan yang sudah tidak perawan, lalu hamil dan melahirkan," komentar feminis Feby Indirani di Twitter.

"Aku, sebagai anak lelaki yang mencintai ibu dengan sangat, yang pernah kecewa dengan sosok ayah, kalau benar dengan pernyataan aa gym, 'sudah 7 kali turun mesin', ah, sakit hati sekali membacanya," komentar akun Jono.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US