Kronologi Pesawat Kargo Tergelincir di Papua: Kecepatan Tak Terkontrol

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:45 WIB
Pesawat kargo tergelincir di Sentani, Papua. (Foto: Dok Polda Papua)
Pesawat kargo tergelincir di Sentani, Papua. (Foto: Dok Polda Papua)

Polda Papua membeberkan kronologi tergelincirnya pesawat kargo di Sentani, Papua. Polisi membeberkan detik-detik mulai dari sebelum dan sesudah kecelakaan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebut insiden kecelakaan itu berlangsung pagi tadi sekitar pukul 09.30 di Bandar Udara Internasional Sentani. Pesawat Cargo Dirgantara dengan kode PK-JRB kala itu sedang landing.

"Pesawat saat itu landing di Landasan runway 30 Bandar Udara Internasional Sentani setelah menempuh perjalanan dari Wamena tujuan Jayapura kemudian hendak melaju menuju Parkiran Apron di Runway 12," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (22/10/2021).

Kamal menyebut kala itu pesawat dalam keadaan kecepatan tinggi. Pilot pun tidak bisa mengendalikan pesawat tersebut hingga berdampak pada tergelincirnya pesawat.

"Dikarenakan kecepatan laju pesawat yang tidak terkontrol sehingga pilot langsung mengarahkan Pesawat Kargo Jayawijaya Dirgantara melewati Pembatas stop way," beber Kamal.

BACA JUGA: Pesawat Kargo Tergelincir di Papua, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

Pasca insiden itu, pihak bandara dibantu kepolisian bergerak mengevakuasi pesawat tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

"Dalam insiden tersebut tidak terdapat korban jiwa dan tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Sentani," pungkas Kamal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X