Jokowi Tengok Kapal Perang di Natuna

- Rabu, 8 Januari 2020 | 17:16 WIB
Presiden Jokowi ketika menengok kapal perang di Natuna (Setpres).
Presiden Jokowi ketika menengok kapal perang di Natuna (Setpres).

Presiden Joko Widodo menengok kapal perang KRI Usman Harun 359 dan KRI Karel Satsuit Tubun 356, di Pangkalan Angkatan Laut Terpadu Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (8/1/2020). 

Jokowi meninjau kedua kapal perang RI untuk memastikan adanya penegakan hukum hak berdaulat Indonesia, atas sumber daya alam di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). 

"Kenapa di sini hadir Bakamla (Badan Keamanan Laut Republik Indonesia) dan Angkatan Laut? Untuk memastikan penegakan hukum yang ada di sini (Natuna)," kata Jokowi. 

Sebelumnya, sejumlah kapal asing kerap memasuki wilayah Indonesia. Namun, kapal asing itu masih berada di ZEE Indonesia, bukan laut teritorial Tanah Air. 

"Itu yang ada (kapal asing) hanya masuk ke zona ekonomi eksklusif. Itu lewat semua kapal bisa," ujar Jokowi

Artinya, zona itu boleh dilewati kapal-kapal internasional. Namun, Indonesia memiliki hak atas kekayaan alam di ZEE-nya, sehingga berhak menerapkan kebijakan hukum. 

Apabila terdapat kapal asing yang memanfaatkan kekayaan alam ilegal seperti menangkap ikan di zona itu, Indonesia punya hak berdaulat menangkap atau menghalau rombongan nelayan asing tersebut.

Dari atas KRI Usman Harun, sekira sepuluh menit Jokowi meninjau situasi di Perairan Natuna. Dia ditemani sejumlah jajarannya, antara lain Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X